Kunjungi Venue, Ketua KONI Pusat Pastikan Merauke Siap Gelar PON XX

Metro Merauke – Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat, Marciano Norman menegaskan, Kabupaten Merauke sudah siap menyelenggarakan Pekan Olahraga Nasional (PON) ke XX di Papua pada Oktober mendatang.

Penegasan itu dikatakannya setelah dirinya bersama rombongan secara langsung meninjau beberapa venue di Merauke, seperti Stadion Katalpal maupun Sircuit balap motor yang akan dipergunakan dalam gelaran PON XX, Kamis (3/6).

“Hari ini saya sengaja berkunjung ke Merauke untuk melihat kesiapan venue di Merauke. Secara umum Merauke sangat siap menyelenggarakan PON ke XX ,” ujarnya kepada wartawan.

Kendati demikian, kata Marciano, masih ada beberapa waktu yang dipergunakan untuk mengejar beberapa bagian pada venue agar dapat dirampungkan pengerjaanya sebelum gelaran PON mulai berlangsung. “Seperti di Stadion Katalpal yang perlu disempurnakan. Masih ada 1 sampai 2 bulan untuk dikerjakan hingga rampung 100 persen dan siap dipergunakan,” tambahnya.

Menurutnya, disamping kesiapan venue 6 cabang olahraga (cabor) di Merauke, yang tak kalah penting mengenai pengaturan akomodasi, transportasi hingga kebutuhan konsumsi selama PON berlangsung, katanya, pun perlu dipersiapkan dengan baik.

Serta dukungan seluruh komponen masyarakat sangat dibutuhkan dalam suksesi terselenggaranya PON XX di Papua, meskipun berlangsung di tengah pandemi. “Kita semua sepakat, PON di Papua ini menjadi kebangkitan masyarakat dari Pandemi Covid-19,” katanya.

Sementara itu, guna menggaungkan pelaksanaan PON XX Oktober mendatang, Ketua KONI Pusat meminta KONI di 33 Provinsi untuk ikut mensosialisasikannya di daerah masing-masing.

“Untuk sosialisasi PON tidak hanya diberikan kepada Pengurus Besar (PB) PON, saya juga minta di pusat, Kementerian Pemuda dan Olahraga mulai menggaungkan pelaksanaan PON ini. Selain itu, saya juga minta KONI di 33 provinsi yang akan datang di Papua, harus juga menggaungkan PON di daerahnya masing-masing,” tandasnya. (Nuryani)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *