Pemerintah Indonesia dan PNG Sepakat Buka Kembali PLBN Skouw

Metro Merauke – Pemerintah Indonesia dan Papua Nugini atau PNG sepakat membuka kembali Pos Lintas Batas antara Negara (PLBN) di Skouw, Distrik Muaratami, Kota Jayapura, Papua.

Kepala Administrator Badan Nasional Pengelola Perbatasan PLBN Skouw, Yan Numberi mengatakan Pemerintah Indonesia dan Pemerintah PNG telah bertemu, membahas rencana pembukaan pintu lintas batas kedua negara. 

Dalam pertemuan itu, kedua pihak sepakat membuka kembali akses keluar masuk antarnegara pada 21 Juni 2021. 

“Pemerintah Indonesia dan Pemerintah Papua Nugini, telah menyepakati, 21 Juni 2021 ini akan dibuka kembali pintu lintas batas ini,” kata Yan Numberi beberapa hari lalu.

Menurutnya, penutupan pintu lintas batas ketika itu dilakukan oleh Pemerintah Papua Nugini. Bukan Pemerintah Indonesia.

Kebijakan tersebut diambil pemerintah negara tetangga itu, sebagai upaya mencegah penyebaran Covid-19.

“Yang menutup adalah pihak Papua Nugini. Sampai saat ini pintu batas ini tertutup. Setelah pertemuan antarnegara rencananya akan dibuka kembali,” ujarnya.

Wakil Wali Kota Jayapura, Rustan Saru mengatakan salah satu alasan rencana membuka kembali pintu lintas batas, untuk menghidupkan kembali perekonomian di perbatasan kedua negara.

Sebab, selama ini aktivitas ekonomi di sana tidak berlangsung normal, lantaran Pemerintah Papua Nugini  belum mengizinkan adanya warga kedua negara yang melintas batas antarnegara.

“Sejak pandemi korona hingga kini, belum ada aktivitas perekonomian secara terbuka langsung antardua negara, karena ditutup,” kata Rustan Saru. (Arjuna)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *