Dinas Pendidikan:Tidak Ada Pungutan dalam Penerimaan Peserta Didik Baru

Metro Merauke – Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Merauke, Papua, Thiasony Betaubun memperingatkan kepada seluruh sekolah di Merauke, saat pelaksanaan proses penerimaan peserta didik baru (PPDB) untuk tidak memungut biaya apapun. Untuk itu, orang tua murid diminta berhati-hati dan memahami betul regulasi terkait PPDB.

Bahkan, lanjutnya, telah dikeluarkan surat edaran Menteri Pendidikan terkait larangan pungkutan dalam PPDB. Tujuannya, agar tidak membebani orang tua maupun masyarakat.

“Tidak boleh ada biaya-biaya atau pungutan. Pendaftaran peserta didik baru (PPDB) itu gratis,” ujarnya kepada wartawan, Senin (31/5).

Ia menjelaskan, bila sekolah ada yang nekat, dinas terkait tidak segan memberikan sanksi. Pihaknya membuka diri menerima segala keluhan, temuan dan masukan dari masyarakat untuk nantinya segera direspon.

“Kalaupun ada biaya, itu kesepakatan bersama komite dan harus melibatkan serta diketahui oleh dinas,” katanya.

Ditambahkan, larangan adanya pungutan dalam PPDB, sekolah dapat memanfaatkan dana BOS untuk kebutuhan penerimaan siswa baru. “Gunakan dana BOS. Dana tersebut diperbolehkan untuk kegiatan pelaksanaan PPDB,” tandasnya.  (Nuryani)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *