Dukung Kampung Bahari Nusantara, Ditanam 1000 Mangrove di Pantai Lampu Satu

Metro Merauke – Guna mendukung program Kampung Bahari Nusantara, jajaran Lantamal XI Merauke bersama sejumlah instansi melakukan kegiatan penanaman 1000 bibit mangrove di daerah pesisir Pantai Lampu Satu Merauke, Jumat (28/5).

Kegiatan dipimpin langsung Komandan Lantamal XI Merauke, Brigjen TNI (Mar) Wurjanto yang diawali dengan acara pembukaan terlebih dahulu.

Dikatakan Danlantamal XI Merauke, penanaman mangrove selain untuk menjaga ekosistem dan kelestarian alam wilayah pantai agar dapat menahan terjadinya potensi abrasi maupun ancaman kerusakan alam.

Juga, kata Wurjanto, diharapkan ke depan dapat mendukung peningkatan sektor pariwisata dan meningkatan ekonomi masyarakat.

“Penanaman mangrove ini sebagai bagian untuk mendukung program pembentukan Kampung Bahari Nusantara, yang di dalamnya mencakup 5 klaster. Yakni pendidikan, kesehatan, ekonomi, pariwisata dan pertahanan,” ujarnya kepada wartawan.

Ditegaskan Danlantamal, sebagai tindak lanjut, ribuan mangrove yang telah ditanam itu akan terus dilakukan perawatan agar dapat tumbuh dengan baik.

“Kita sudah tanam dan harus dilanjutkan dengan dirawat. Akan percuma kalau sudah ditanam dan dibiarkan tanpa dirawat. Ini sebagai bagian mendukung program Kampung Bahari Nusantara dan akan berkelanjutan,” tuturnya.

Tak kalah penting, tambah Danlantamal, lewat program tersebut diharapkan dapat mengubah perilaku masyarakat agar lebih peduli lagi dengan lingkungan. (Nuryani)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *