Atanasius Koknak: Proses PAW PDI-Perjuangan Sedang Berjalan

Metro Merauke – Sekretaris DPC PDI Perjuangan Kabupaten Boven Digoel, Papua, Atanasius Koknak menegaskan, terhadap penggantian antar waktu (PAW) Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Boven Digoel dari PDI-Perjuangan, secara internal partai tengah dilakukan dan sedang berjalan.

Ia memastikan, setelah pihaknya menerima surat persetujuan PAW dari DPP PDI-P, sebagai tindaklanjutnya, dalam waktu dekat DPC PDI-Perjuangan akan menyerahkan usulan PAW ke DPRD setempat untuk dapat diproses lebih lanjut.

“Prosesnya memang demikian. Apa yang kita jalani di dalam partai, pihak luar kan belum tentu memahami. Yang jelas, proses PAW sedang dan sudah berjalan,” ucapnya kepada Metro Merauke, Kamis (27/5).

Diuraikannya, proses dimaksud diawali dengan DPC PDI Perjuangan Boven Digoel menyurat ke DPP melalui DPD pada 20 April. Kemudian, tindak lanjutnya surat DPP untuk persetujuan PAW Anggota DPRD 4 Mei 2021.

“Proses surat sudah kita terima 21 Mei, secara resmi sudah kita sampaikan juga dalam rapat cabang pada 22 Mei, surat PAW sudah kita terima dan ditindak lanjuti. Dimana, Anton Bulukei suara terbanyak setelah Isak Bangri,” jelasnya.

Ditambahkan Atanasius Koknak, penggantian antar waktu memiliki mekanisme tersendiri. Dimana, partai politik mengusulkan ke DPRD. Berdasarkan surat usulan tersebut akan dilanjutkan DPRD ke KPU setempat untuk diproses.

“Prosesnya, partai politik surati DPP melalui DPD dan surat persetujuan PAW turun ke DPC lalu DPC surati ke pimpinan DPRD, setelah itu Legislatif menyurati KPU untuk berproses sesuai ketentuan. Surat KPU itu yang ditindaklanjuti DPRD ke pemerintah daerah dan jadi rujukan diantar ke provinsi untuk mendapat rekomendasi Gubernur untuk dilantik,” bebernya.

Dengan berjalannya proses PAW, kata Atanasius Koknak yang juga sebagai Ketua DPRD Boven Digoel, diharapkan seluruh tahapannya dapat berjalan lancar. Sehingga kekosongan 1 kursi Anggota DPRD Boven Digoel dari PDI-Perjuangan dapat segera terisi kembali. “Kita berharap di Bulan Juni sudah dapat dilantik,” ucapnya.

Ia tak menampik, dengan lowongnya satu kursi di parlemen juga memberi dampak bagi parpol maupun di parlemen. “Memang dengan belum ada PAW, partai dirugikan. Kita ada kekurangan, masih ada satu kursi yang belum terisi. Ini tidak disegaja, dan ini sesuai dengan ketentuan. Mudah-mudahan prosesnya lancar, pada pertengahan bulan Juni kita berharap sudah dapat dilantik,” tandasnya.

Diketahui, Anggota DPRD Boven Digoel dari Fraksi PDI-Perjuangan, Isak Bangri sebelumnya menundurkan diri setelah mengikuti kontestasi Pilkada Boven Digoel. (Nuryani)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *