Kapolri dan Panglima TNI Berkunjung ke Papua

Metro Merauke – Kepala Kepolisian Republik Indonesia atau Kapolri, Jenderal Listyo Sigit bersama Panglima TNI, Marsekal Hadi Tjahjanto melakukan kunjungan kerja (kunker) ke Papua, 26-27 Mei 2021.

Kepala Divisi Hubungan Masyarakat Markas Besar Kepolisian Republik Indonesia, Inspektur Jenderal Argo Yuwono mengatakan, ada sejumlah agenda yang menjadi atensi Kapolri dan Panglima TNI di Bumi Cenderawasih.

Agenda itu di antaranya membahas persiapan pengamanan pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) ke-20 Papua. 

Event olahraga nasional itu dijadwalkan diselenggarakan awal hingga pertengahan Oktober 2021. 

“Kapolri dan Panglima TNI juga membahas program pembangunan nasional di Papua, yang dicanangkan Presiden Joko Widodo,” kata Argo Yuwono di Jayapura, Kamis (27/06/2021).

Menurutnya, program pembangunan nasional bertujuan meningkatkan taraf hidup masyarakat provinsi tertimur Indonesia itu. 

Dalam upaya pemerintah meningkatkan kesejahteraan warga Papua, TNI-Polri mengemban tugas melakukan pendampingan dan pengamanan. 

Katanya, agenda lain pimpinan tertinggi Polri dan TNI itu adalah membahas situasi kamtibmas. Pembahasan itu melibatka kepala daerah dari wilayah rawan konflik, tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh adat, dan forum komunikasi pimpinan daerah di sana.

Ini sebagai upaya pihak kepolisian dan TNI, mencari tahu lebih banyak mengenai konflik di Papua belakangan ini. 

“Berbagai informasi itu akan dijadikan acuan perencanaan kebijakan di Papua nantinya,” ujarnya.

Argo Yuwono mengatakan, Kapolri dan Panglima TNI juga ingin melihat kondisi aparat keamanan yang bertugas di Papua dan memotivasi mereka. Personil TNI, Polri maupun Badan Intelijen Negara.

“Aparat keamanan yang bertugas di Papua, jauh dari keluarga. Kapolri dan Panglima TNI memotivasi mereka secara langsung,” ucapnya. (Arjuna)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *