Masjid Nurul Mujahidin Pasar Wamanggu Gelar Salat Gerhana Bulan

Metro Merauke – PKM Masjid Nurul Mujahidin Pasar Wamanggu Merauke, Papua, melaksanakan salat gerhana Bulan, Rabu (26/5), jam 19.30 WIT setelah salat Isya. Salat gerhana Bulan dipimpin langsung Ustadz Syahrul Fadhil, sekaligus sebagai khotib dalam salat sunnah tersebut.

Dalam khotbahnya Ustadz Syahrul Fadhil mengatakan, fadhilah atau keutamaan fenomena gerhana bulan ini ialah, bagaimana manusia mensyukuri atas kekuasaan Allah S.W.T dengan segala ciptaan dan ketentuannya.

“Hari ini kita melihat fenomena alam berupa gerhana Bulan. Peristiwa ini sebagai bukti kebesaran dan kemahakuasaan Allah. Nabi Muhammad S.A.W memerintahkan kepada kita, bila terjadi gerhana untuk berdoa kepada Allah, mendirikan salat sunnah gerhana, bertakbir, dan bersedekah. Selain itu, ketika gerhana terjadi, hendaknya kita menghadirkan rasa takut kepada Allah, sebab peristiwa terebut mengingatkan kita akan tanda-tanda kejadian kiamat atau takut azab Allah diturunkan akibat dosa-dosa yang kita lakukan,” katanya.

Menurutnya, peristiwa gerhana Bulan di tengah pandemi Covid-19, mestinya dapat menyadarkan manusia akan kebesaran Allah. Dan momen gerhana Bulan, lanjutnya, menjadi wahana untuk memperbanyak permohonan ampun, taubat dan kembali kepada Allah.

“Peristiwa ini disertai dengan bertaubat. Disamping merenungi kebesaran Allah SWT, karena sudah selayakya manusia mendekatkan diri dengan banyak beribadah dan memperbaiki kualitas ibadah,” tuturnya.

Yang tak kalah penting, sambungnya, pada saat gerhana Bulan dapat memotivasi umat manusia untuk belajar memahami alam semesta. “Semoga fenomena gerhana kali ini meningkatkan kedekatan kita kepada Allah, membesarkan hati kita untuk iklas menolong sesama serta selalu ramah terhadap alam sekitar kita,” tukasnya. (Nuryani)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *