Sekolah Di Mappi Terkendala Internet untuk Belajar Online

Metro Merauke – Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Mappi, Papua, Maria Gorety Letsoin menyebut, sekolah di Mappi masih terkendala akses internet dalam proses belajar secara online di tengah pandemi Covid-19.

Sehingga, lanjutnya, proses belajar mengajar di daerah itu tetap dilakukan dengan manual, tatap muka terbatas. Meski demikian, ia memastikan, semua proses tersebut dilakukan sesuai protokol kesehatan.

Diungkapkannya, sejak pandemi Covid-19, proses belajar online tidak dapat dilakukan di sekolah-sekolah yang ada di Kabupaten Mappi. Sebab, belum semua wilayah di sana (Mappi) terjangkau akses internet dengan baik.

“Sejak pandemi, sekolah di Mappi tidak bisa lakukan belajar online. Jadi kita tetap tatap muka, kita lakukan skema pembelajaran baru dengan shift block. Kita juga tahu, masyarakat kita masih sangat terbatas untuk fasilitas tersebut,” ujarnya kepada wartawan di Merauke.

Maria Gorety menguraikan, dengan pembelajaran tersebut, dilakukan pengaturan guna menghindari penyebaran Covid-19 dikalangan pelajar. “Seperti untuk tingkatan kelas masuk diatur jadwalnya dan tema pembelajaran semua jenjang pendidikan mengacu pada literasi, numerasi, dan survey karakter,” jelasnya.

Dikatakannya, di Kabupaten Mappi dapat fleksibel dalam menjalankan proses pendidikan di tengah pandemi. Untuk di daerah yang masih masuk zona hijau, lanjutnya, proses belajar-mengajar dilakukan secara full. Selain itu, ada juga guru yang datang ke rumah-rumah untuk melayani siswa belajar.

Kepala Dinas Pendidikan Mappi mengungkapkan, guna menjawab permasalahan IT (Information Technology), Pemerintah Daerah Mappi melakukan pengadaan dan bantuan IT untuk semua sekolah. Dengan demikian, nantinya dapat mendukung kelancaran proses pendidikan di Kabupaten Mappi. (Nuryani)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *