Pasca Keributan, Kakanwil Kemenkumham Papua Tinjau Lapas Kelas IIB Merauke

Metro Merauke – Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Papua, Anthonius M. Ayorbaba telah berkunjung ke Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Merauke pasca kericuhan yang menewaskan dua narapidana belum lama ini.

Kakanwil melakukan tatap muka bersama pejabat struktural dan  Aparatur Sipil Negara (ASN), serta petugas Lapas untuk memberikan penguatan tugas dan fungsi petugas Lapas dan Bapas Kelas IIB Merauke.

“Ada masukan yang disampaikan, terkait masalah kesehatan dan perlu dibangunnya klinik di dalam Lapas Merauke. Kurang kompaknya jajaran petugas Lapas dan permintaan penambahan SDM yang dirasa masih kurang,” terang Kakanwil di Merauke.

Terkait masukan tersebut, Anthonius menindaklanjutinya, terkhusus masalah kesehatan dan klinik di Lapas dengan bertemu langsung Bupati Merauke, Romanus Mbaraka di Kantor Bupati Merauke.

Masalah lain yang ada di Lapas Merauke, lanjutnya, kurangnya air bersih bagi WBP yang bergantung pada air sumur bor. Akibatnya, penyakit kulit merebak di sana.

Sementara itu, menyangkut kericuhan sebelumnya, Tim Kanwilkum melakukan reka ulang kejadian dan memeriksa setiap petugas jaga pada saat itu.

Lebih lanjut, setiap petugas didorong untuk terus melanjutkan pendidikan guna menambah ilmu pengetahuannya dalam berkinerja di Lapas maupun Bapas Merauke.

Diketahui,  jumlah petugas dan pegawai saat ini sebanyak 64 orang, dengan jumlah WBP di Lapas Merauke sebanyak 322 orang, Narapidana 263 orang, sementara tahanan berjumlah 59 orang. Selain itu, Kakanwin Kemenkumham Papua melakukan kunjungan ke Polres Merauke. Kakanwil menyampaikan terima kasih atas kerja sama yang baik Polres Merauke, telah sigap menangani kericuhan di Lapas, sehingga situasi kembali kondusif. (Redaksi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *