Cegah Penyebaran Varian Baru Corona, Pengawasan Penumpang di Bandara Mopah Diperketat

Metro Merauke – Pengawasan di pintu masuk Bandar Udara Mopah, Merauke, Papua diperketat. Kebijakan tersebut dilakukan untuk mencegah penyebaran virus corona varian baru di Kabupaten Merauke.

Hal ini sejalan dengan adanya edaran Bupati Merauke, Nomor 440/1842 tentang Pengawasan Penumpang Pesawat. Untuk itu pihak Bandara, didukung TNI AU bersama pihak Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) dan tim Satgas Covid, telah meningkatkan penjagaan di area bandara, khususnya pada pintu kedatangan serta sebaliknya, di pintu keberangkatan.

Kepala Dinas Kesehatan Merauke, dr. Nevile Muskita menjelaskan, sudah ditempatkan petugas yang melakukan pemeriksaan khusus kepada setiap penumpang yang baru tiba di Merauke. Pengetatan pengawasan yang dilakukan tersebut, sebagai bentuk antisipasi pencegahan penyebaran varian baru virus corona.

“Seperti pengalaman sebelumnya, pasca liburan, kasus cenderung meningkat dan ini perlu diwaspadai, sehingga dilakukan pengetatan pengawasan seperti itu. Mekanismenya, semua penumpang discrening,” terangnya kepada wartawan, Kamis (20/5).

Ditambahkan, pengetatan pengawasan penumpang masih akan terus dilakukan hingga beberapa hari ke depan. “Bila ada penumpang yang lolos tak rapid tes maupun surat rapidnya sudah habis masa berlaku, akan langsung dilakukan di bandara. Dan bila hasilnya positif, akan langsung dievakuasi ke rumah sakit,” jelasnya.

Kepala Dinas Kesehatan meminta warga Merauke tak perlu panik dengan adanya pengetatan pengawasan penumpang di Bandara Mopah. Melainkan, katanya, warga tetap diminta disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan. (Nuryani)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *