Waspada Gelombang Tinggi di Laut Arafuru

Metro Merauke – Hingga beberapa hari ke depan, wilayah perairan Laut Arafuru berpotensi terjadi gelombang tinggi yang bisa mencapai ketinggian 3 hingga 3,5 meter. Hal tersebut berdasarkan hasil prakiraan cuaca dari Stasiun BMKG Merauke.

Dimana, gelombang tinggi tersebut lebih dikarenakan adanya potensi angin kencang di wilayah Papua bagian selatan, dengan kecepatan 50 km/jam atau berkisar 25 knot.

Prakirawan, Yunita menjelaskan, peringatan dini gelombang tinggi dikeluarkan BMKG perlu diwaspadai untuk beberapa hari ke depan.

“Untuk peringatan dini gelombang tinggi, kami keluarkan untuk wilayah Laut Arafuru bagian timur, khususnya di wilayah sekitar perairan Yos Sudarso sampai laut selatan Merauke. Untuk gelombang tinggi ini kami pantau adanya potensi angin kencang di wilayah Papua bagian selatan yang mengakibatkan gelombang tinggi 3 meter-3,5 meter,” terangnya.

Dijelaskan, potensi gelombang tinggi ini dapat beresiko terhadap keselamatan pelayaran kapal-kapal kecil. Sehingga, katanya, adanya gelombang tinggi tersebut harus tetap diwaspadai.

“Tentu kondisi ini berbahaya bagi kepal-kapal kecil dan kapasitas kurang mumpuni,” ujarnya.

Ditambahkan, Merauke saat ini memasuki pancaroba, dan sedikit lagi memasuki masa kemarau. Adanya perbedaan tekanan di bagian bumi, juga berdampak adanya angin kencang di bagian selatan disertai hujan dengan intensitas ringan. (Nuryani)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *