Jelang PON XX, DLH Merauke Tambah Armada Sampah

Metro Merauke- Guna mengatasi penanganan sampah, terlebih menjalang pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) ke-XX di Merauke, Papua, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) setempat menambah sejumlah armada pengangkutan sampah. Mulai dari dump truck, amrol, motor roda tiga maupun kontainer pengakut sampah.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Merauke, Hj Harmini menjelaskan, sumber dana pengadaan armada sampah tersebut dari Dana Alokasi Khusus (DAK).

Saat ini, kata Harmini, 13 kendaraan roda tiga sudah tiba di Merauke dan tinggal dilakukan proses penyerahan. Sedangkan untuk dump truck, amrol maupun kontainer, katanya, dalam proses pemuatan, direncanakan Bulan Juli tiba di daerah.

“Penambahan armada sampah sangat penting, guna mengatasi penanganan sampah, terlebih lagi untuk mendukung pelaksanaan PON XX nanti. Kita harus jadikan Merauke kota yang bersih dan nyaman,” katanya.

Hal lain, kata Harmini, seiring adanya penambahan armada, semestinya dibarengi dengan petugas yang harus bertambah hingga anggaran operasional. “Memang dengan penambahan armada kita dituntut ketiga-tiganya, termasuk penambahan petugas maupun pendanaan. Pastinya, untuk sementara akan kita maksimalkan dulu petugas yang sudah ada,” terangnya.

Pihaknya berharap, dengan adanya penambahan armada sampah tersebut dapat membantu penyelesaian masalah sampah. “Kita sangat mengalami kesulitan, sampah yang ada semakin banyak dan masyarakat kurang peduli,” ucapnya.

Untuk itu, dirinya mengimbau masyarakat untuk ikut peduli, dengan menjaga kebersihan lingkungan tanpa membuang sampah disembarang tempat. (Nuryani)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *