Volume Sampah di Merauke Naik 50 Persen

Metro Merauke – Volume sampah dalam beberapa hari terakhir mengalami peningkatan secara drastis. Dinas Lingkungan Hidup Merauke memperkirakan, peningkatan sampah pasca hari raya dapat mencapai hingga 50 persen.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Merauke, Hj Harmini mengatakan, dominan peningkatan sampah meliputi sampah rumah tangga, sisa makanan dan sampah plastik.

“Memang peningkatan sampah mulai terlihat selama Ramadan dan disusul pasca hari raya. Ini sudah rutin terjadi dan telah kita antisipasi,” ujarnya kepada wartawan, Minggu (16/5).

Dikatakan Harmini, tepat di hari raya Idul Fitri petugas pengangkut sampah diliburkan. Dan dipastikan, pada Senin esok seluruh pelayanan kembali normal. Dimana sejumlah personel dikerahkan untuk mengakut sampah rumah tangga milik pelanggan maupun di titik-titik pengangkutan, termasuk di tempat pembuangan sementara.

Harmini menimbau masyarakat agar tertib dan tetap menjaga kebersihan di lingkungannya masing-masing. Salah satunya dengan tidak membuang sampah di sembarang tempat yang dapat mengganggu kebersihan dan keindahan kota Merauke.

“Salah satunya di Jalan Cigombong, sudah kita bersihkan, tapi masih saja ada tumpukan sampah di pinggir-pinggir jalan. Harusnya, kebersihan dan keindahan kota dapat kita jaga bersama-sama dengan budaya bersih dan tidak membuang sampah di sembarang tempat,” tukasnya. (Nuryani)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *