Lapas Kelas IIB Merauke Berikan Remisi Idul Fitri untuk 24 Napi

Metro Merauke – Ada sebanyak 24 warga binaan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Merauke, Papua menerima remisi khusus Hari Raya Idul Fitri 1442 Hijriah/2021. Secara keseluruhan warga binaan di Lapas setempat berjumlah 322 orang.

Pemberian remisi dilakukan usai pelaksanaan Salat Idul Fitri yang diadakan di masjid di dalam Lapas Merauke. Dikatakan Kepala Seksi Binadik Lapas Kelas IIB Merauke, Edhi Nugroho, warga binaan muslim sebanyak 52 orang. Dimana 5 orang tahanan dan 47 nara pidana.

“Yang diusulkan mendapat remisi 24 orang. Sedangkan 26 orang tidak diusulkan karena belum memenuhi syarat, 5 tahanan, dan 14 orang pidum belum 6 bulan berkelakukan baik,” ujarnya.

Diuraikan, remisi yang diterima warga binaan pada hari raya Idul Fitri besarannya bervariasi. Seperti, 4 orang menerima remisi 15 hari dan 20 orang menerima remisi 1 bulan.

Kasi Binadik, Edhi Nugroho menjelaskan, remisi sesungguhnya hak yang diberikan Negara pada para narapidana. Pemberian remisi diharapkan tapat memotivasi narapidana untuk lebih penyadaran diri.

“Pemberian remisi khusus Hari Raya Idul Fitri diharapkan dapat memotivasi narapidana untuk mencapai penyadaran diri yang tercermin dari sikap dan perilaku sehari-hari serta meningkatkan optimisme dalam menjalani pidana hilang kemerdekaan yang sedang dijalani,” jelasnya.

Selain itu, lanjutnya, sistem pemasyarakatan bertujuan agar warga binaan pemasyarakatan menyadari kesalahannya, memperbaiki diri, dan tidak mengulangi lagi tindak pidana. Sistem pemasyarakatan menitikberatkan pada usaha perawatan, pembinaan, pendidikan, dan bimbingan bagi warga binaan yang bertujuan untuk memulihkan kesatuan hubungan hidup antara individu, warga binaan dan masyarakat. (Nuryani)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *