Raperda Perlindungan Bahasa Daerah Diharap Segera Disahkan

Metro Merauke – Balai Bahasa Provinsi Papua berharap, DPR Papua segera mengesahkan rancangan peraturan daerah (raperda) perlindungan bahasa daerah.

Pengkaji bahasa dan sastra daerah di Balai Bahasa Provinsi Papua, Anthonius Maturbongs mengatakan,

upaya berbagai pihak melestarikan bahasa daerah mesti didukung perda. 

Katanya, regulasi merupakan payung hukum dalam setiap kebijakan pemerintah. Selama ini, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan provinsi telah bekerja maksimal.

Akan tetapi faktor utama penyebab tidak maksimalnya upaya melindungi bahasa daerah, karena tidak adanya regulasi. 

“Kalau tidak didukung regulasi, percuma. Mesti ada regulasi sebagai payung hukum pengambil kebijakan di provinsi dan kabupaten/kota,” kata Anthonius Maturbongs beberapa hari lalu.

Para pihak yang peduli bahasa dan sastra daerah, telah merumuskan naskah akademik perlindungan bahasa daerah di Papua sejak 2018-2019 silam. 

Naskah itu dirumuskan usai Balai Bahasa Provinsi Papua berdiskusi bersama akademisi, tokoh masyarakat, lembaga adat, dan lembaga swadaya masyarakat.

Setelah hampir dua tahun, para pihak mencoba mendorong draf raperda itu ke DPR Papua.

Tujuannya, supaya ada aturan perlindungan terhadap bahasa dan sastra daerah, yang hampir punah di tanah Papua.

“Tujuan kami,agar semua yang berkaitan dengan bahasa daerah di Tanah Papua dilindungi, dihargai oleh siapa saja. Itu harapan kami,” ucapnya.

Raperda perlindungan bahasa darerah itu, telah diserahkan ke anggota DPR Papua, John NR Gobai saat dialog dan koordinasi perlindungan bahasa daerah di Papua, Senin (10/05/2021).

Dialog dan koordinasi itu dilangsungkan di Balai Bahasa Provinsi Papua dan dihadiri akedemisi, perwakilan masyarakat adat, serta penutur bahasa daerah.

“Ini sebagai langkah awal, sehingga apa yang kami harapkan kurang lebih lima hingga 10 tahun lalu, dapat terwujud. Semoga tahun ini, raperda itu disahkan,” ujarnya. (Arjuna)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *