Harga Kebutuhan Pokok Merangkak Naik, Hipam Minta Dikendalikan

Metro Merauke – Ketua Himpunan Pedagang Pasar Merauke, H. Ali Syahbana meminta pemerintah mengantisipasi kestabilan harga bahan pokok jelang hari raya Lebaran. Menurutnya, dengan mengantisipasi dari sekarang, pemerintah dapat segera mengambil sikap terkait kenaikan harga beberapa komoditas.

“Pemerintah perlu ikut memantau dan mengendalikan harga di pasaran yang cenderung mulai mengalami kenaikan untuk beberapa jenis barang,” ucapnya.

Disamping pentingnya pengendalian harga, Ketua Himpunan Pedagang Pasar juga berharap, distributor untuk tidak berlaku nakal, melakukan penimbunan barang yang berdampak terjadinya lonjakan harga.

Diketahui, harga sejumlah kebutuhan pangan pokok terpantau mulai memperlihatkan tren kenaikan jelang hari raya Lebaran. Kenaikan harga yang signifikan terjadi pada beberapa komoditas, seperti cabai, sayur mayur dan daging.

Sebut saja, harga cabai dari Rp.75 ribu, kini naik hingga Rp100.000/kg. Harga wortel pun ikut naik, dari Rp25 ribu menjadi Rp60 ribu. Tidak ketinggalan tomat, kini telah naik harga, dari Rp20.000 menjadi Rp.40.000/kg, dan bawang merah mengalami kenaikan menjadi Rp50.000/kg.

Selain sayur mayur, kenaikan harga juga terjadi untuk daging sapi, dari Rp110.000/kg, menjadi Rp120.000/kg. sedangkan daging rusa dari Rp 65.000/kg naik hingga Rp80.000/kg.

Dikatakan salah satu pedagang di Pasar Wamanggu, Sukardi, rata-rata kenaikan harga barang sudah mulai terjadi dari pertengah bulan Ramadan. “Benar, beberapa jenis kebutuhan pokok mulai mengalami kenaikan harga. Mendekati hari Lebaran, permintaan semakin meningkat,” tukasnya. (Nuryani)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *