Potensi Wisata Kota Jayapura Dipersiapkan Menyambut PON ke-20

Metro Merauke – Sejumlah potensi wisata di berbagai wilayah Kota Jayapura, kini sedang dipersiapkan untuk menyambut pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional atau PON ke-20 Papua, Oktober 2021 mendatang.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Kampung Kota Jayapura, Jakobus Itaar mengatakan ibu kota Provinsi Papua itu memiliki potensi wisata berbeda dan unik, yang tersebar di 14 kampung. 

“Ini bisa dinikmati para tamu yang datang ketika PON mendatang. Akan ada ribuan orang datang ke Kota Jayapura, karena ada 16 cabang olahraga yang dipertandingkan di Kota Jayapura,” kata Jakobus Itaar belum lama ini.

Potensi wisata di Kota Jayapura, di antaranya air panas di Kampung Moso, Distrik Muara Tami. Ada juga potensi wisata Kampung Enggros Distrik Abepura, dan Dermaga Henataje di Kampung Kayu Pulo, Distrik Jayapura Selatan.

Selain memiliki berbagai destinasi wisata, Kota Jayapura atau Port Numbay juga memiliki  berbagai pernak pernik kerajinan tangan ciri khas Papua. 

“Kerajinan tangan atau souvenir itu, juga merupakan potensi yang bisa dijual saat PON mendatang,” ujarnya.

Menurutnya, kini warga di kampung yang memiliki potensi wisata telah melakukan berbagai persiapan menyambut pelaksanaan PON. 

Setidaknya, ketika warga dari luar Papua berkunjung ke Kota Jayapura saat pelaksanaan even olahraga empat tahunan itu, mereka bisa menikmati potensi wisata di sana.

Pengunjung atau tamu PON juga dapat membeli, hasil kerajinan tangan ciri khas Papua, sebagai souvenir hasil karya pengrajin lokal di sana. (Arjuna)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *