Polda Papua: KKB Bakar Sekolah dan Puskesmas di Puncak

Metro Merauke – Kepolisian Daerah atau Polda Papua menyatakan kelompok kriminal bersenjata (KKB) di Kabupaten Puncak, kembali berulah.

Mereka membakar gedung sekolah dasar dan pusat kesehatan masyarakat (puskesmas).

Kapolda Papua, Irjen Pol Mathius D Fakhiri mengatakan, peristiwa itu terjadi di Kampung Mayuberi, Distrik Ilaga Utara, Minggu (02/05/2021).

Menurutnya, diduga KKB marah karena gedung sekolah dan puskesmas yang dibakar itu, sempat digunakan anggota TNI-Polri sebagai Posko Taktis.

Ketika itu, tim gabungan TNI-Polri menggunakan gedung sekolah dan puskesmas sebagai Posko Taktis, saat mengejar pelaku penembakan terhadap anggota Brimob, pekan lalu.

“Lokasi pembakaran itu, berdekatan dengan markas KKB [pimpinan] Lekagak Telenggen,” kata Mathius Fakhiri, Selasa (04/05/2021).

Katanya, bukan baru pertama kalinya KKB melakukan tindakan melanggar hukum. Merusak fasilitas publik atau menteror warga. 

Kelompok ini sudah sering bertindak seperti itu. Membakar fasilitas yang pernah dijadikan pos aparat keamanan. 

Kapolda Papua menegaskan, aparat keamanan tidak akan pernah mundur. Mereka akan terus melakukan upaya penegakan hukum terhadap KKB di Puncak. 

Katanya, aparat keamanan tidak akan meninggalkan wilayah Distrik Ilaga, atau Kabupaten Puncak pada umumnya. Sebab, misi utama TNI-Polri di sana adalah menindak KKB yang selama ini melakukan teror keamanan. 

“Kami akan tetap melakukan penindakan hukum di Puncak. Kami berharap, masyarakat tidak membantu KKB,” ujarnya. (Arjuna)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *