Tingkatkan Mutu Hasil Panen, Pemerintah Bantu 6 Alat Pengering Gabah

Metro Merauke – Dinas Pertanian dan Pangan Provinsi Papua terus berupaya meningkatkan mutu hasil panen padi di wilayah Papua. Salah satunya dengan menempatkan alat pengering gabah sebanyak 6 unit di Merauke.

Dikatakan Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Provinsi Papua, Samuel Siriwa, kualitas beras yang dihasilkan para petani perlu ditingkatkan, masih banyak patahannya. Salah satu pemicu belum maksimalnya kualitas beras, katanya, sangat dipengaruhi faktor cuaca dalam proses pengeringan gabah.

“Dengan kondisi cuaca seperti ini, pengeringan gabah secara manual (dijemur di jalan dan halaman) tidak bisa maksimal. Kalau pengeringan kurang bagus, berpengaruh pada kualitas, ada yang patah-patah. Beras di Merauke ini sudah over melimpah, hanya saja kalau kualitasnya tidak dijaga akan menjadi persoalan,” ujarnya kepada wartawan di Merauke.

Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Provinsi Papua, Samuel Siriwa

Untuk mengatasi kendala itu, Dinas Pertanian dan Pangan Provinsi berupaya membantu dengan menempatkan 6 alat pengering padi ke Merauke, masing-masing alat berkapasitas 3 ton per tiga jam.
Pihaknya menginginkan, agar para petani dapat memaksimalkan penggunaan alat pengering padi guna mejaga mutu beras yang dihasilkan.

Dikatakan Siriwa, bantuan sejumlah alat pengering padi untuk Merauke diketahui masih sangat kurang. Untuk itu, pihaknya telah mengajukan usulan penambahan bantuan alat pengering padi dan berharap pemerintah pusat bisa merealisakian, agar peningkatan mutu beras di Merauke lebih dimaksimalkan lagi.

“Memang 6 alat pengering padi yang kita tempatkan di beberapa titik di Merauke masih sangat kurang. Dan kita sudah usulkan penambahan lagi ke pusat, tapi belum realisasi,” tandasnya. (Nuryani)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *