Sukseskan Program P2L, Kelompok Wanita Tani Ambil Peranan Sukseskan PON di Papua

Metro Merauke – Dinas Pertanian dan Pangan Provinsi Papua mengharapkan, program pemanfaatan Pekarangan Pangan Lestari (P2L) tahun 2021 yang digulirkan di tengah pandemi Covid-19 dapat berjalan sesuai degan tujuan.
Hal tersebut dikatakan Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Provinsi Papua, Samuel Siriwa dalam pelaksanaan sosialisasi program Pekarangan Pangan Lestari (P2L) di Kuper, Distrik Semangga, Merauke, Selasa (4/5).

Program P2L yang diinisiasi Kementerian Pertanian melalui Badan Ketahanan Pangan Nasional, bertujuan untuk meningkatkan ketersediaan pangan dengan memanfaatkan pekarangan rumah, diharapkan dapat membantu ketahanan pangan masyarakat.

Selain itu, Samuel Siriwa juga berharap, 29 kelompok wanita tani di Merauke sebagai penerima program P2L, bisa mengambil peranan untuk ikut mensukseskan iven Pekan Olahraga Nasional (PON) ke XX di Papua, lewat penyediaan kebutuhan komoditas sayur mayur.

“Untuk Papua, Merauke mendapat proritas. Ada 29 kelompok wanita tani yang menerima program P2L tahun 2021. Ini dari hasil kunjungan dari pemerintah, kelompok wantia tani di Merauke lebih siap,” ujarnya kepada wartawan.

Pihaknya menyebut, dukungan anggaran program P2L telah ditransfer langsung ke rekening masing-masing kelompok. Dimana setiap kelompok mendapatkan Rp75 juta.

“Seluruh transfer dana sudah dilakukan ke rekening kelompok pada April lalu. Dan sekarang secara bertahap dicairkan untuk membiayai kebutuhan pelaksanaan P2L,” jelasnya.

Siriwa menambahkan, pihaknya juga bakal melakukan penilaian terhadap keberlangsungan puluhan kelompok wanita tani dalam menjalankankan program P2L. Karenanya, 29 kelompot wanita tani harus komitmen untuk menjalankan program tersebut secara lestari. (Nuryani)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *