Pria Spesialis Pencuri Motor Diringkus, Lima BB Hasil Curian Diamankan di Polres Merauke

Metro Merauke – Sebanyak 5 unit kendaraan sepeda motor hasil curian berhasil diamankan Buser Reskrim Polres Merauke. Sejumlah kendaraan roda dua tersebut, saat ini berada halaman Polres setempat.

Selain menyita barang bukti (BB) 5 unit kendaraan, aparat juga berhasil membekuk seorang pemuda berinisial AM yang diduga kuat sebagai pelaku dari sejumlah kasus pencurian kendaraan bermotor yang belakangan telah meresahkan masyarakat.

Kapolres Merauke, melalui Kasubbag Humas AKP Ariffin didampingi Kasat Reskrim, AKP Agus F Pombos menerangkan, pelaku merupakan residivis kasus pencurian senjata api. Kemudian, kata Pombos, pelaku kembali ditangkap, Sabtu lalu, lantaran melakukan tindak kejahatan dengan mencuri motor.

Dihadapan petugas pelaku mengaku telah mencuri 9 motor dengan lokasi yang beda. “Kebanyakan sepeda motor yang dicuri AM saat diparkir pemiliknya di teras rumah. Pelaku mengaku sudah mencuri 9 sepeda motor milik warga Merauke,” ujarnya kepada wartawan, Senin (3/5).

Kasat Reskrim menguraikan, dalam melancarkan aksinya, pelaku terlebih dahulu mencari target ke rumah-rumah yang memarkirkan kendaraanya tanpa dikunci stang. Dan, lanjutnya, motor hasil curiannya dijual dengan harga sangat rendah, Rp700 ribu hingga Rp2 juta. Pasaran penjualan di daerah pinggiran. Semisal di Nasem, Sarmayam, Erom hingga Senayu.

Dijelaskan, dengan tertangkapnya AM, spesialis pencuri sepeda motor, aparat akan terus mengembangkan kasus tersebut. Polisi pun akan memanggil pihak-pihak yang diduga sebagai penadah sepeda motor hasil curian.

“Pihak-pihak yang diduga sebagai penadah bila nantinya benar terbukti juga akan kita berikan sanksi pidana, ini sebagai efek jera. Saat membeli barang dengan harga tak wajar, mestinya membantu aparat dengan melapor,” bebernya.

Atas perbuatannya, pelaku dijerat dengan KUHP Pasal 363, ancaman hukuman 7 tahun penjara.

Pemilik Kendaraan Dapat Mengambil Gratis

Dengan berhasil diungkapnya spesialis pencuri sepeda motor oleh Buser Reskrim Polres Merauke membuat warga sedikit bernafas lega.

Untuk itu, warga Merauke yang merasa kehilangan sepeda motor dalam beberapa waktu terakhir, dapat mendatangi Polres setempat dengan menunjukan surat-surat kepemilikan kendaraan. Pengambilan kendaraan dipastikan gratis tanpa biaya.

“Kita imbau warga untuk lebih berhati-hati saat memarkir kendaraanya. Dan bagi warga pun kita harapkan, dapat membantu kepolisian dalam meminimalisir pencurian kendaraan bermotor. Bila ada yang datang menawarkan barang atau kendaraan dengan harga yang tak wajar, baiknya segera melapor ke aparat agar dapat segera ditindaklanjuti,” tandasnya. (Nuryani)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *