Tangani KKB Papua, Yan Mandenas Sarankan Evaluasi Operasi Keamanan

Metro Merauke – Pemerintah disarankan mengevaluasi semua operasi keamanan yang selama ini dilakukan di Papua, untuk menangani kelompok kriminal bersenjata (KKB).

Anggota Komisi I Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI), Yan Permenas Mandenas mengatakan, evaluasi menyeluruh penting untuk melihat kelemahan dari setiap operasi keamanan di Papua.

Katanya, evaluasi penting untuk mengetahui kekuatan personil aparat keamanan, organik dan nonorganik di Papua.

Begitu juga peralatan pasukan selama ini, apakah sudah mendukung operasi penanganan KKB di Papua, atau tidak. 

“Setelah itu, barulah kita menetapkan strategi bagaimana melakukan operasi sesuai target,” kata Yan Mandenas dalam pernyataan secara daring, Jumat (30/04/2021).

Legislator RI dari daerah pemilihan Papua itu berpendapat, KKB dapat diatasi jika aparat keamanan mampu mendeteksi pergerakan dan penyebaran kelompok itu.

Ia yakin, jika tak ada evaluasi dan deteksi pergerakan KKB, kelompok ini akan terus eksis dari waktu ke waktu. Mereka akan tetap leluasa melakukan teror di mana mana.

“[Dengan begitu] KKB dan aktor aktor di belakangnya, yang terus mensponsori gerekan mereka, baik angaran, senjata dan amunisi, bisa ditangkap,” ujarnya.

Di sisi lain kata politikus Partai Gerakan Indonesia Raya itu, pemerintah juga mesti memikirkan target jangka panjang menciptakan situasi keamanan dan kedamaian di Papua.

Pemerintah diharap dapat membuka ruang dialog dengan semua elemen masyarakat Papua. Dialog dipandang penting, untuk menyelesaikan semua masalah di Papua secara menyeluruh.

Sebab, masalah di Papua bukan saja masalah keamanan. Akan tetapi kesejahteraan, dan politik merupakan bagian penting yang mesti diselesaikan bersama pemerintah.

“Saya yakin dialog yang kita dorong dan kita konsep dalam kerangka NKRI akan melahirkan sebuah rekonsiliasi, dan solusi bagaimana menyelesaikan masalah Papua untuk jangka panjang,” kata Mandenas. (Arjuna)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *