Peduli Pendidikan, PT BIA Teken Nota Kesepakatan Bersama Dinas Pendidikan dan Kebudayaan

Metro Merauke – PT. Bio Inti Agrindo (BIA) dan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Merauke melakukan penandatangan nota kesepakatan bersama yang hadiri langsung Presiden Direktur PT.BIA, Kong Byoung Sun, Bupati Merauke Romanus Mbaraka, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Thiasony Betaubun, dan Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP), Justina Sianturi, Rabu (28/4).

Presiden Direktur PT.BIA, Kong Byoung Sun mengatakan, penandatangan nota kesepakatan bersama, merupakan bentuk kerjasama antara pihak swasta dengan pemerintah dalam membangun kapasitas manusia dan mencerdaskan bangsa melalui bidang pendidikan.

Dimana, lanjutnya, PT. BIA sebagai pihak swasta membangun infrastruktur, fasilitas pendukung sekolah dan segala hal yang berhubungan dengan kegiatan belajar mengajar dari semua tingkatan pendidikan, baik TK, SD dan SMP di Distrik Ulilin.

“Keberadaan sarana pendidikan di Distrik Ulilin diperuntukan bagi masyarakat kampung di sekitar perusahaan maupun bagi anak karyawan. Selanjutnya, pemerintah berperan dalam menyediakan tenaga pengajar di sekolah tersebut,” jelasnya.

Kong Byoung Sun menyebutkan, secara keseluruhan sekolah yang dikerjasamakan itu, terdiri dari 3 TK, 3 SD dan 2 SMP.

Tak hanya itu, imbuhnya, PT. BIA sejak tahun 2014, secara kontinyu memberikan beasiswa bagi anak asli Papua yang berprestasi hingga jenjang perguruan tinggi.

Dalam sambutannya Presiden Direktur, Kong Byoung Sun menambahkan, kegiatan tersebut bukan hanya bagian dari kontribusi sosial terhadap masyarakat. Namun, katanya, lebih ke Corporate Citizenship, dimana perusahaan dan masyarakat maju berdampingan.

Sementara itu, General Manager PT. BIA, Yanto Dawenan menuturkan, keberadaan sekolah dimaksud sangat membantu masyarakat lokal. Dimana, sebelum ada sekolah yang dibangun PT BIA, jarak tempuh dari rumah ke sekolah sangat jauh.

“Ini sebagai wujud kepedulian keberlangsungan dan perbaikan yang berkelanjutan di bidang pendidikan, dapat memerangi kebodohan dan meningkatkan kecerdasan generasi mendatang,” tuturnya.

Bupati Merauke, Romanus Mbaraka mengapresiasi kepada perusahaan PT BIA yang peduli terhadap dunia pendidikan dengan membantu memberikan layanan pendidikan bagi warga di sekitar perusahaan.

Menurut bupati, diperlukan dukungan dari berbagai pihak, termasuk swasta untuk memberikan kontribusi dalam menjalankan program peningkatan mutu pendidikan dalam menciptakan SDM di daerah yang lebih baik. (Nuryani)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *