Bantu Warga Terdampak Corona, Stasiun KIPM Bagikan Ratusan Paket Ikan Segar

Metro Merauke – Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) melalui Stasiun Karantina Ikan, Pengendalian Mutu, dan Keamanan Hasil Perikanan (KIPM) Merauke, Papua mendistribusikan paket ikan segar untuk ratusan warga di Merauke, Kamis (29/4).

Dikatakan Kepala Stasiun KIPM Merauke, Nikmatul Rochmah, kegiatan tersebut untuk membantu peningkatan imun tubuh di tengah mewabahnya virus Corona atau Covid-19, dan merupakan bagian dari rangkaian Bulan Bakti Karantina 2021.

Pembagian paket ikan segar pada Bulan Bakti Karantina disaksikan langsung Wakil Bupati Merauke, H. Riduwan, Kepala Pusat Standarisasi Sistem dan Kepatuhan (Pusat SSK BKIPM), Teguh Samudro, dan Anggota Komisi IV DPR RI dari Fraksi NasDem, H. Sulaeman L Hamzah.

Kepala Stasiun KIPM menyebutkan, manfaat dengan mengkonsumsi ikan begitu besar, salah satunya membantu imun tubuh yang sangat dibutuhkan di tengah pademi saat ini. Oleh karenanya, pada Bulan Mutu Karantina kali ini, KKP bekerjasama Komisi IV DPR RI dan Rumah Aspirasi H. Sulaeman L Hamzah kembali menyalurkan bantuan ikan segar untuk janda, duda, dhuafa maupun masyarakat terdampak Covid-19 lainnya.

“Ada 500 paket bantuan ikan di Merauke. Dimana paket bantuan hasil olahan ikan ini dibeli dari nelayan dan pelaku Usaha Kecil Menengah binaan Dinas Perikanan maupun Rumah Aspirasi H. Sulaeman L Hamzah,” terangnya.

Adanya launching Bulan Mutu Karantina mendapat apresiasi dari Wakil Bupati Merauke, H. Riduwan. Menurut Wabup, Bulan Mutu Karantina dengan program bakti sosial bagikan ikan segar, dinilai sangat baik. Terlebih dilaksanakan di tengah pademi, dapat membantu warga lainnya yang perlu peningkatan kesehatan.

“Pemerintah Daerah sangat mengapresiasi program-program dari KKP, SKIPM karena seluruhnya itu untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat. Program ini sangat bagus, dilaksanakan di tengah pandemi Covid-19, dan juga bulan puasa, bisa lebih bermanfaat,” ujarnya.

Sementara itu Anggota Komisi IV DPR RI, H Sulaeman L. Hamzah mengatakan, pihaknya bersama Kementerian Kelautan dan Perikanan sejauh ini terus konsen melakukan program peningkatan imun tubuh di tengah pandemi sekaligus meningkatkan ekonomi masyarakat.


Dikatakannya, beberapa kegiatan sudah dilakukan pihaknya lewat Rumah Aspirasi H.Sulaeman L Hamzah di Merauke. Dimana, pelayanan dari rumah aspirasi dilakukan menyeluruh untuk membantu warga yang tidak mampu.

“Kita berharap Pemkab Merauke bisa membuat lompatan yang lebih besar dengan peningkatan komoditi unggulan di daerah termasuk potensi perikanannya yang melimpah disamping pertanian, sehingga memberikan dampak bagi pendapatan daerah. Saya berharap semua wajib mendukung program pemerintah,” tuturnya.

Di tempat yang sama Kepala Pusat Standarisasi Sistem dan Kepatuhan (Pusat SSK BKIPM), Teguh Samudro menjelaskan, Bulan Mutu Karantina 2021 berlangsung 3 bulan yang telah dilaunching awal April, di Jakarta. Kegiatan tersebut berlangsung serentak di 47 UPT BKIPM seluruh Indonesia.

“Dengan konsumsi produk-produk perikanan dapat meningkatkan imun tubuh sehingga tangguh menghadapi ancaman pandemi. Bantuan yang dibagikan ini dibeli dari UMKM. Program ini memiliki manfaat ganda, selain meningkatkan imun tubuh sekaligus diharapkan adanya perputaran ekonomi masyarakat,” tandasnya. (Nuryani)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *