DPRD Tetapkan Wabup Nduga Sisa Masa Jabatan 2017-2022

Metro Merauke – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah atau DPRD Kabupaten Nduga, Papua menetapkan Wakil Bupati (wabup) sisa masa masa jabatan 2017-2022.

Penetapan dilakukan lewat paripurna DPRD Nduga, yang berlangsung di Kota Jayapura, 26 April 2021.

Wakil Ketua II DPRD Nduga, Epianus Kogeya yang memimpin paripurna ketika itu, mengatakan penetapan berdasarkan hasil pemilihan yang dilakukan pihaknya, 8 April 2021.

DPRD Nduga membentuk Panitia Khusus atau Pansus pemilihan wabup pada 29 Desember 2020. Sebab, wabup sebelumnya, Wentiantus Nemiangge dilantik sebagai bupati, 15 Maret 2021.

Ia menggantikan Bupati Nduga periode 2017-2022, Yairus Gwijangge yang meninggal dunia karena sakit pada 15 November 2020.

Ada dua calon wabup pengganti yang diajukan ke DPRD Nduga, yakni Lainus Gwijangge dan Dinar Kelnea. Keduanya merupakan anggota DPRD Nduga, yang berasal dari partai politik pengusung bupati dan wakil bupati Nduga periode 2021-2022.

“Dinar Kelnea terpilih, setelah memperoleh 14 suara atau 58 persen, dari total 25 anggota DPRD Nduga,” kata Epianus Kogeya, Rabu (27/04/2021).

Menurutnya, penetapan Wabup Nduga terpilih dihadiri 14 anggota DPRD. Akan tetapi sesuai ketentuan, jumlah itu telah memenuhi syarat untuk melaksanakan paripurna penetapan. 

“Semua anggota DPRD Nduga yang hadir dalam paripurna, menyetujui penetapan wabup Nduga terpilih,” ujarnya.

Katanya, hasil penetapan akan diserahkan kepada Pemerintah Provinsi atau Pemprov Papua, untuk diteruskan ke Menteri Dalam Negeri (Mendagri).

Anggota Pansus pemilihan Wabup Nduga, Sem Heluka mengatakan, paripurna penetapan merupakan akhir dari kerja pihaknya.

“Semua tahapan yang dilakukan Pansus DPRD Nduga telah rampung. Hasilnya telah ditetapkan. Selanjutnya diserahkan ke pemprov untuk dilanjutkan ke pemerintah pusat,” kata Sem Heluka. (Arjuna)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *