Cegah Virus Corona, Akses Transportasi Laut ke Mappi Dibatasi

Metro Merauke – Akses trasportasi laut menuju Kabupaten Mappi, Papua untuk sementara waktu dibatasi. Pilihan utnuk membatasi akses trasportasi dilakukan Pemerintah Daerah setempat, guna mencegah meluasnya penyebaran virus Corona.

Bupati Mappi, Kristosimus Agawemu menjelaskan, penutupan sementara akses transportasi laut dikhususkan untuk kapal pengangkut penumpang. Sedangkan pembatasan tidak diberlakukan untuk jenis kapal kargo maupun kebutuhan mendesak lainnya.

Bupati tidak menyebut hingga berapa lama pemberlakuan pembatasan akses trasportasi laut di wilayah itu.

Diungkapkan, saat ini pihaknya tengah konsen untuk melakukan penanganan dan penanggulangan Covid-19 yang telah merenggut 5 jiwa. Salah satunya, kata Agawemu, pada Bulan November hingga Desember lalu, dilakukan rapid antigen massal di Mappi.

“Kami fokus melakukan rapid antigen massal di semua titik, sehingga kasus Covid-19 beberapa waktu bergerak naik,” katanya.

Menurutnya, pelaksanaan rapid antigen massal menjaid penting dilakukan. Dengan lebih awal mendeteksi warga yang terpapar Covid-19, katanya, akan lebih mudah dan cepat dalam penanganan penyembuhannya serta menekan angka kematian akibat terpapar virus corona.

“Sekarang penyebarannya sudah masuk trasmisi lokal, sehingga harus lebih hati-hati dalam penanganan. Terus kita lakukan sosialisasi menyeluruh untuk membangun kesadaran masyarakat. Untuk pasien Covid-19 yang sedang dan berat kita rawat di rumah sakit. Sedangkan dengan gejala ringan, ditangani di tempat karantina yang Pemda miliki,” tandasnya. (Nuryani)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *