Merauke Bakal Miliki Tempat Wisata Baru, Pemandian Air Panas Akper Siap Ditata

Metro Merauke – Tak banyak yang tahu, di dalam areal Akademi Perawat (Akper) Merauke di Jalan Maluku, Kelurahan Karang Indah, Merauke, Papua terdapat sumber air panas. Hanya saja, dibangun oleh Kementerian Kesehatan sejak 21 tahun lalu, sumur air panas kondisinya kini tak terawat.

Di areal sumur pun nampak dikelilingi rerumputan dan ilalang yang tumbuh subur. Tidak jauh dari situ (sumur), terdapat degung asrama dengan bangunan fisiknya yang telah rusak, kian memperburuk penampakan dari sumur tersebut.

Mengetahui kodisi sumur air panas yang mangkrak tak terawat, membuat Kapolres Merauke, AKBP Untung Sangaji merasa prihatin. Dirinya lantas menggagas untuk merubah dan mengembangkannya sebagai tempat wisata pemandian sumur air panas.

“Ini sudah saya komunikasikan dengan Ketua Prodi dan disetujui. Saya akan rubah jadi tempat pemandian air panas. Dengan begitu, bisa menjadi komoditi kepentingan sosial. Hasilnya bisa digunakan untuk kebutuhan Akper,” ucap Untung Sangaji.

Di tangan Untung Sangaji, sumur air panas akan dibenahi dan ditata secara apik. Termasuk, katanya, sterilisasi air pun akan dilakukan dengan sebaik mungkin, sehingga tempat tersebut dapat menjadi destinasi wisata baru yang berbasis sumber daya alam di Kota Merauke.

Dia mengungkapkan, pengembangan wisata pemandian air panas diharapkan dapat menarik minat masyarakat maupun wisatawan ke Merauke.

“Sebelum bulan Juni sudah mulai dikerjakan penataannya. Kita harapkan dapat segera dinikmati masyarakat,” timpalnya.

Dengan begitu, lanjut Untung Sangaji, akan ada pendapatan bagi pengelolanya yang bisa dimanfaatkan untuk perawatan gedung. “Ada karcis, tidak usah mahal-mahal. Kita buat sebagai tempat wisata, supaya area di sini bisa tertata dan terawat,” jelasnya.

Mengetahui adanya ide sang Kapolres Merauke akan mengembangkan sumur air panas menjadi objek wisata baru, mendapat apresiasi tersendiri Ketua Prodi Akper Merauke, Emanuel Konda.

Dirinya mengakui, dengan keterbatasan anggaran yang dimiliki, sehingga sejauh ini sumur air panas menjadi tak terurus dengan baik.

Pihaknya sangat mendukung manakala langkah Kapolres Merauke akan mengembangkan sumur air panas menjadi tempat wisata. “Kapolres Untung Sangaji punya ide yang sangat bagus. Memang alangkah baiknya dikembangkan untuk membantu kami ada pendapatan yang bisa dipakai untuk pemeliharaan dan menjaga gedung,” tandasnya. (Nuryani)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *