29 Kelompok Wanita Tani Merauke Bakal Terima Bantuan Pekarangan Pangan Lestari

Metro Merauke – Pemerintah akan menyalurkan bantuan untuk Kelompok Wanita Tani (KWT) yang ada di Kabupaten Merauke, Papua. Kepala Dinas Ketahanan Pangan Merauke, Zem Raimens Imbenai menjelaskan, bantuan bagi KWT tersebut dalam bentuk program Pekarangan Pangan Lestari (P2L).

Dimana, kata Zem, tahun 2021, Kabupaten Merauke mendapatkan kuota untuk bantuan P2L sebanyak 29 kelompok wanita tani yang tersebar di 5 distrik.

“Total penerima bantuan P2L di Merauke sebanyak 29 kelompok. Dimana 27 kelompok melalui jalur aspirasi dari Anggota Komisi IV DPR RI H. Sulaeman L Hamzah dan 2 kelompok reguler. Masing-masing Distrik Merauke ada 11 kelompok, Semangga 6 kelompok, Kurik 4 kelompok, Malind 2 kelompok dan Jagebob 6 kelompok,” jelasnya kepada wartawan.

Dijelaskannya, bantuan operasional P2L yang akan diberikan sebesar Rp75 juta per kelompok, setiap kelompok beranggotakan maksimal 30 orang. Kegiatan P2L berfokus pada pembangunan sarana pembibitan, pengembangan demplot, pertanaman, dan penanganan pasca panen.

Ia menambahkan, terkait program P2L, pihaknya saat ini masih perlu melakukan sosialisasi menyeluruh untuk para kelompok wanita tani di Merauke. Sehingga, katanya, apa yang menjadi harapan pemerintah, melalui program pekarangan pangan lestari, nantinya benar-benar berjalan dan dapat dirasakan manfaatnya, terlebih di saat pandemi Covid-19 seperti ini.

“Program ini untuk memenuhi kebutuhan pangan keluarga. Kami mengajak masyarakat memanfaatkan pekarangan dengan menanam aneka tanaman. Apabila lahan pekarangan dikelola serius, selain untuk memenuhi kebutuhan gizi seimbang bagi keluarga, juga dapat mampu menjadi sumber pendapatan bagi keluarga,” tukasnya. (Nuryani)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *