DAP: Kapan Museum Noken di Kota Jayapura Difungsikan?

Metro Merauke – Dewan Adat Papua atau DAP mempertanyakan kapan Museum Noken yang berada di Waena, Kota Jayapura difungsikan.

Sekretaris II DAP, John NR Gobai mengatakan Museum Noken dibangun pada 2013 silam. Anggaran pembangunannya bersumber dari APBN.

Setelah pembangunan rampung, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menghibahkan Museum Noken kepada Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua. Akan tetapi, hingga kini museum itu belum difungsikan.

“Mestinya, setelah dilimpahkan, pemerintah daerah segera mengambil langkah. Membuat konsep, agar museum itu difungsikan,” kata John Gobai, Minggu (18/04/2021).

Anggota DPR Papua melalui mekanisme pengangkatan itu menyarankan Pemprov Papua membentuk Unit Pelaksana Teknis Daerah atau UPTD, agar Museum Noken dapat dimanfaatkan.

Misalnya sebagai lokasi pameran, tempat pengrajin noken menjual hasil rajutannya, juga sebagai lokasi pelatihan membuat noken.

Menurutnya, yang diharapkan ke depan, museum itu menjadi salah satu icon di Kota Jayapura. Bersama Taman Budaya eks Ekspo Waena, sebagai Taman Budaya Papua.

“Museum Noken ini salah satu aset penting di daerah yang mesti dijaga dan difungsikan. Saya mendesak Pemprov Papua segera memfungsikan Museum Noken di Ekspo Waena, Kota Jayapura,” ujarnya. (Arjuna)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *