Anggota DPR Papua Jalur Otsus Dilantik

Metro Merauke – Sebanyak 14 anggota DPR Papua melalui mekanisme pengangkatan atau jalur Otonomi Khusus (Otsus), dari lima wilayah adat dilantik dalam paripurna, Jumat petang (16/04/2021).

Anggota DPR Papua melalui mekanisme pengangkatan, diambil sumpah janjinya oleh Ketua Pengadilan Tinggi Papua, disaksikan rohaniawan.

Selain melantik anggota DPR Papua jalur Otsus, lembaga dewan juga melakukan pergantian antara waktu (PAW) tiga anggotanya, dari partai politik. Sebab ada yang berhalangan tetap dan mengundurkan diri.

Ketua DPR Papua, Jhony Banua Rouw mengucapkan selamat datang, selamat bekerja di lembaga dewan kepada para anggota yang baru mengucapkan sumpah janji.

“Terimakasih dan penghargaan yang tulus kepada forum komunikasi pimpinan daerah Papua, dan berbagai pihak yang berkenan hadir dalam rapat paripurna,” kata Jhony Banua Rouw.

Ia juga berterimakasih kepada semua yang mendukung pelaksanaan paripurna pelantikan, sehingga dapat berlangsung aman dan tertib.

Sekretaris Daerah atau Sekda Papua, Dance Yulian Flassy mengatakan, pemerintah provinsi dan DPR Papua adalah partener kerja. 

Kedua pihak mesti menjadi tim kerja solid. Menata pembangunan di Papua ke arah lebih baik lagi.

“Kita membawa Papua ke arah lebih baik lagi. Tidak hanya dengan kata kata,” kata Dance Yulian Flassy.

Menurutnya, masuknya anggota DPR Papua yang baru, diharapkan dapat membantu pembangunan di Papua lebih baik lagi.

Namun semua itu memerlukan relasi kerja yang baik. Antara pemerintah, legislatif dan Majelis Rakyat Papua.

“Kita mesti sepakat, Otsus tak ada jilid I atau jilid II. Kecuali Otsus ditarik, diberhentikan atau dicabut oleh negara,” ujarnya.

Sebanyak 14 calon anggota DPR Papua melalui mekanisme pengangkatan yang dilantik, yakni perwakilan Wilayah Adat Mamta, yakni Ramses Ohee, Piter Kwano dan Yotam Bilasi. 

Wakil wilayah Adat Saireri, Yohanis Luis Ronsumbre dan Yonas Alfons Soma Nusi. Wilayah Adat Lapago, Arnold W. Walilo, Thimotius Wakur, Kope Wenda dan Yakoba Lokbere.

Wilayah Adat Meepago, John Nasion Robby Gobai, Julius Miagoni, dan Ronaldus Omaleng, dan Wilayah Adat Animha, yaitu Hendrikus Eben Gebze serta Frits Tobo Wakasu.

Sementara itu, tiga anggota DPR Paua PAW yang dilantik adalah Jimmy Biniluk, dari Partai NasDem. Mathea Mamoyao dan Hengki Payage dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP).

Jimmy Biniluk menggantikan Kortinus Wonerengga, yang meninggal dunia beberapa waktu lalu. 

Hengki Payage menggantikan Arkelas Asso, yang meninggal dunia beberapa waktu lalu. Mathea Mamoyao mengisi posisi Mesak Magai, yang mencalonkan diri sebagai Bupati Nabire. (Arjuna)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *