Disnaker Merauke Ingatkan Perusahaan Bayar THR

Metro Merauke – Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Merauke, Papua, jauh-jauh hari mengingatkan perusahaan mengenai pembayaran tunjangan hari raya (THR) keagamaan bagi pekerja.

Kepala Bidang Hubungan Industrial, Hananto menegaskan, pemberian THR keagamaan merupakan kewajiban perusahaan kepada para pekerja.

Dikatakan Hananto, pembayaran THR dilakukan paling lambat sepekan menjelang hari raya. Dimana untuk besaran THR, disesuaikan dengan masa kerja. Oleh sebab itu, berkaitan dengan hal tersebut, pihaknya meminta pimpinan perusahaan membayar THR sesuai peraturan perundang-undangan.

“Akan kita berikan surat edarannya dan bagikan ke perusahaan yang ada di Merauke. Sesuai ketentuan, besaran THR diberikan sebesar satu kali gaji. Sedangkan bagi pekerja yang belum bekerja selama 1 tahun, pemberian THR diberikan secara proporsional,” ujarnya kepada wartawan, Rabu (14/4).

Guna memastikan pelaksanaannya, kata Hananto, pihaknya akan melakukan monitoring dan pengawasan di lapangan. Pihaknya mencatat, pelaksanaan pembayaran THR tahun 2020 dari perusahaan kepada pekerja telah berjalan dengan baik.

“Memang untuk pemberian THR sudah diatur di dalam perundang-undangan. Termasuk mengatur sanksi bagi perusahaan yang tidak memberikan THR. Bila ada kendala, baiknya dibicarakan antara perusahaan bersama pekerja untuk mendapatkan kesepakatan,” terangnya. (Nuryani)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *