Usai Dipresentasikan, Pansus Otsus DPRP akan Publikasi Hasil Kerjanya

Metro Merauke – Panitia Khusus Otonomi Khusus atau Pansus Otsus DPR Papua (DPRP) akan mempublikasikan hasil kerja mereka, setelah dipresentasikan dalam internal dewan.

Ketua Pansus Otsus DPR Papua, Thomas Sondegau mengatakan pihaknya akan mempresentasikan hasil kerjanya kepada 55 anggota dewan, Kamis (15/04/2021).

Setelah dipresentasikan, hasil kerja Pansus Otsus akan diserahkan ke pimpinan DPR Papua. 

Pimpinan lembaga dewan akan membahasanya bersama Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua dan Majelis Rakyat Papua (MRP).

Kerja Pansus Otsus DPR Papua, juga akan disinkronkan dengan hasil Rapat Dengar Pendapat atau RDP yang digelar MRP tahun lalu.

“DPR Papua dan MRP secara lembaga, bersama Pemprov Papua akan menyepakati poin poin yang direkomendasikan kepada pemerintah pusat dan DPR RI,” kata Thomas Sondegau, Selasa (13/04/2021).

Menurutnya, Pemprov Papua, DPR Papua dan MRP berupaya segera merekomendasikan apa yang dianggap penting kepada pemerintah pusat. 

Sebab kini pembahasan revisi UU Otsus oleh pemerintah dan DPR RI sedang berlangsung. 

Jangan sampai kedua pihak ini tidak mengakomodir kajian DPR Papua, MRP dan masuk dari berbagai pihak di provinsi tertimur Indonesia itu.

“Kami harap hasil kerja Pansus Otsus tidak diubah lagi. Karena semua itu adalah aspirasi, saran dan masukan rakyat Papua,” ujarnya.

Politikus Partai Demokrat itu, juga mengingatkan pemerintah pusat dan DPR RI tidak mengabaikan aspirasi dari Papua dalam pembahasan revisi UU Otsus.

Katanya, revisi mesti mengikuti amanat Pasal 77 UU Otsus Papua. Pasal itu memberi kewenangan kepada rakyat Papua mengusulkan revisi kepada pemerintah dan DPR RI melalui DPR Papua dan MRP.

“Pemerintah pusat dan DPR RI jangan hanya membahas pendapatnya. Kami minta Pansus DPR RI ke Papua mendengar hasil kajian para pihak, terutama DPR Papua dan MRP,” ucapnya. (Arjuna)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *