Calon Anggota DPR Papua Kursi Otsus Dilantik Pekan Ini

Metro Merauke – Pelantikan 14 calon anggota DPR Papua melalui mekanisme pengangkatan atau kursi Otonomi Khusus (Otsus) akan dilaksanakan, pekan ini. 

Ketua DPR Papua, Jhony Banua Rouw mengatakan, dalam rapat Badan Musyawarah pada pekan lalu, pihaknya memutuskan pelantikan digelar, Jumat (16/04/2021).

“Kami akan melaksanakan pelantikan, karena SK (surat keputusan) calon anggota DPR Papua 14 kursi dari Kementerian Dalam Negeri, sudah kami terima,” kata Jhony Banua Rouw, Selasa (13/04/2021).

Pelantikan 14 calon anggota DPR Papua mekanisme pengangkatan akan dilakukan bersamaan dengan pergantian antara waktu (PAW) tiga anggota dewan dari partai politik.

Mereka yang akan dilantik PAW, yakni Jimmy Biniluk dari Partai Nasional Demokrat menggantikan, Kortinus Wonerengga yang meninggal dunia beberapa waktu lalu. 

Dua lainnya berasal dari PDI Perjuangan, yakni Matea Mamoyao menggantikan Mesak Magai yang mencalonkan diri sebagai Bupati Nabire. 

Seorang lainnya akan menggantikan kader lain PDI Perjuangan, Arkelaus Asso yang meninggal dunia beberapa waktu lalu.

“Dua agenda itu yang kami sepakati saat rapat Badan Musyawarah. Semua fraksi DPR Papua telah menyetujuinya,” ujarnya.

Sebanyak 14 calon anggota DPR Papua melalui mekanisme pengangkatan yang akan dilantik berasal dari lima wilayah adat.

Perwakilan Wilayah Adat Mamta, yakni Ramses Ohee, Piter Kwano dan Yotam Bilasi. 

Wakil wilayah Adat Saireri, Yohanis Luis Ronsumbre dan Yonas Alfons Soma Nusi. Wilayah Adat Lapago, Arnold W. Walilo, Thimotius Wakur, Kope Wenda dan Yakoba Lokbere.

Wilayah Adat Meepago, John Nasion Robby Gobai, Julius Miagoni, dan Ronaldus Omaleng, dan Wilayah Adat Animha, yaitu Hendrikus Eben Gebze serta Frits Tobo Wakasu. (Arjuna)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *