Merauke Termasuk Daerah dengan Permintaan Vaksin Korona Tertinggi di Papua

Metro Merauke – Kabupaten Merauke merupakan satu di antara sejumlah daerah di Papua dengan permintaan vaksin korona tertinggi.

Kepala Bidang Penanganan dan Pencegahan Penyakit Dinas Kesehatan Papua, dr. Aaron Rumainum mengatakan daerah lain dengan permintaan vaksin tertinggi, yakni Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura, dan Mimika.

Tingginya permintaan vaksin dari berbagai daerah itu, pertanda baik dalam capaian vaksinasi Covid-19 di wilayah tersebut. 

“Sekarang capaian vaksinasi di Papua sudah 84 persen dari 150 ribu dosis. Beberapa kabupaten di Papua ini memang ‘rakus’ vaksin. Misalnya Kota Jayapura, Mimika, Merauke, Kabupaten Jayapura,” kata Aaron Rumainum dalam webinar secara daring, Jumat petang (09/04/2021).

Werbinar yang diselengarakan Aliansi Jurnalis Independen Indonesia itu dengan tema “Melawan Infodemik Covid-19” “Menangkal Mis-Disinformasi vaksinasi di Papua.”

Hanya saja tingginya permintaan dari sejumlah daerah di Papua, tidak diimbangi ketersediaan vaksin. Kini provinsi tertimur Indonesia itu kekurangan vaksin Covid-19.

“Kita diberi jatah 56 ribu dosis vaksin, tambah enam ribu dosis, dan mesti habis dalam 15 hari. Kalau hanya 62 ribu disuruh kasi habis 15 hari, itu habis untuk daerah seperti Merauke, Kota Jayapura, Mimika dan Kabupaten Jayapura,” ucapnya.

Katanya, vaksin korona hanya untuk orang yang dalam kondisi sehat. Mereka yang memiliki penyakit bawaan semisal diabetes, hipertensi dan HIV, terlebih dahulu mesti mengonsumsi obat untuk mengendalikan penyakitnya sebelum divaksin.

Begitu juga para penyintas korona, dapat divaksin setelah tiga bulan atau lebih dinyatakan sembuh. 

Antibodi seseorang baru benar benar terbentuk setelah dua kali divaksin. Jarak vaksin pertama ke vaksin kedua yakni 28 hari. 

“Pemberian vaksin pertama bertujuan membentuk ingatan terhadap virus Covid-19, oleh sel sel tubuh dan suntikan kedua untuk membentuk antibodi,” katanya. (Arjuna)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *