Media Garda Terdepan Menangkal Disinformasi Vaksinasi Korona di Papua

Metro Merauke – Peran media merupakan garda terdepan menangkal berbagai disinformasi dan misinformasi vaksinasi korona di Papua.

Praktisi media di Papua, Victor C Mambor mengatakan media mesti berperan menyukseskan pelaksanaan vaksinasi di Papua.

Memberikan informasi yang benar kepada warga, dari sumber berkompeten akan pentingnya vaksin. Sebab selama ini disinformasi dan misinformasi vaksin, beredar di kalangan warga.

“Media mesti aktif menyampaikan informasi yang berimbang. Termasuk mendapat informasi dari akar rumput,” kata Victor Mambor dalam webinar secara daring, Jumat petang (09/04/2021).

Werbinar yang diselengarakan Aliansi Jurnalis Independen Indonesia itu dengan tema “Melawan Infodemik Covid-19” “Menangkal Mis-Disinformasi vaksinasi di Papua.”

Katanya, sulit kalau publik ingin informasi benar mengenai korona, namun dalam redaksi media sendiri belum clear akan hal ini. Masih ada pihak yang tak percaya korona itu ada dan manfaat vaksin. 

“Pertama mesti membangun kesadaran awak redaksi, itu mesti clear,” ujarnya.

Mambor mengakui, di Papua masih ada sebagian wartawan yang tidak percaya dengan keberadaan virus korona dan manfaat vaksin.

Ia juga berharap, pihak terkait dapat melibatkan media ketika melaksanakan vaksinasi di wilayah pedalaman. Dengan begitu media dapat menyampaikan informasi kepada publik. (Arjuna)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *