Dukung Kelancaran Belajar, Pemkab Berencana Bagi-bagikan Hp Gratis

Metro Merauke – Wakil Bupati Merauke, Papua, H Riduwan mengatakan, Pemerintah Daerah (Pemda) akan membagikan handpone (Hp) untuk para pelajar di Merauke.

H Riduwan menjelaskan, bantuan ini diberikan kepada siswa untuk mendukung kelancaran kegiatan proses belajar mengajar selama masa pandemi Covid-19. Pemberian bantuan handpone akan diberikan untuk pelajar, terutama mereka yang berasal dari keluarga kurang mampu.

Wabup Riduwan mengakui di masa pandemi, anak-anak (siswa) tidak dapat belajar tatap muka dengan maksimal. Dirinya bahkan banyak mendapat keluhan dari orang tua soal belajar daring. Bahkan, beber Wabup, ada yang sampai harus menjual sapi untuk bisa membeli Hp demi anaknya dapat belajar online.

“Kita sedih mendengarnya. Untuk itu, kita programkan Kampungku Berdering dengan pemberian Hp untuk belajar siswa kelas 6 SD, maupun kelas IX bagi SMP dan kelas XII untuk SMA/SMK yang akan ujian,” ujar Wabup Riduwan kepada wartawan, Jumat (9/4).

Wabup menegaskan, untuk merealisasikan rencana pembagian Hp gratis kepada pelajar, masih akan dikoordinasikan dengan instansi terkait.

Hanya saja, kata Riduwan, program kampung berdering dengan pembagian ribuan Hp, membutuh anggaran yang cukup besar. Sehingga, dimungkinkan realisasinya baru dapat dilakukan 2022. “Di tahun 2021 program tersebut tidak tercover. InsyaAllah tahun 2022 bisa direalisasikan, akan ada pihak ke tiga yang dilibatkan,” jelasnya.

Wabup menilai, hal lain yang tidak kalah penting kaitannya masalah signal yang diketahui belum merata di seluruh kampung. Untuk itu, pemerintah secara bertahap pun akan melakukan peningkatan jaringan telekomunikasi agar dapat merata dirasakan masyarakat hingga di kampung-kampung.

“Daerah kita luas, dan masih ada 40 an persen yang belum ada jaringan telekomunikasi. Secara bertahap perlu dilakukan penambahan tower untuk meningkatkan jaringan telekomunikasi,” pungkasnya. (Nuryani)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *