Lewat FGD, Pariwisata Berbasis Masyarakat Lokal Dikembangkan

Metro Merauke – Pemerintah Daerah Merauke, Papua bekerjasama Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Hasanuddin Makassar, menggelar Focus Group Discusion (FGD) Road Map pengembangan pariwisata berbasis masyarakat lokal terpadu di Kabupaten Merauke, Jumat (9/4).

FGD dibuka langsung Wakil Bupati Merauke, H Riduwan dan diikuti perwakilan Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Kepala Distrik dan Kelurahan yang memiliki potensi wisata di wilayahnya masing-masing.

Menurut Wabup Riduwan, FGD mengenai pengembangan pariwisata berbasis masyarakat lokal terpadu sangat penting dilakukan, dalam rangka pengembangan sektor pariwisata di daerah.

Diketahui, kata Wabup, Merauke memiliki potensi pariwisata alam yang indah dan menarik. Sehingga dibutuhkan peran serta berbagai pihak untuk memajukan pariwisata yang ada di daerah. Yang dimulai dengan penataan maupun pengembangannya.

“Berbicara pengembangan sektor pariwisata, tidak dapat berjalan sendiri, melainkan memerlukan keterlibatan lintas sektor untuk mendukung pengembangannya,” katanya.

Dikatakan, H Riduwan, berbagai sektor dinilai ikut memiliki andil dan berperan dalam kemajuan pariwisata. Baik infrastruktur hingga masalah keamanan, perlu mendapat perhatian untuk ikut dimajukan.

Untuk itu, tambahnya, kontribusi seluruh masyarakat dan pemangku kepentingan lainnya diharapkan dapat berperan optimal, sehingga pengembangan pariwisata berbasis masyarakat lokal terpadu nantinya bisa berjalan baik guna kesejahteraan dan pemberdayaan masyarakat lokal di Merauke. (Nuryani)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *