Mesti Ada Indikator Pengangkatan Honorer di Papua Menjadi CASN

Metro Merauke – Pemerintah Provinsi atau Pemprov Papua diingatkan adil menentukan 20 ribu tenaga honorer di wilayah tertimur Indonesia itu, untuk diusulkan diangkat sebagai calon aparatur sipil negara (CASN).

Sekretaris Fraksi Gerindra DPR Papua, Natan Pahabol mengatakan mesti ada indikator sebagai acuan, menentukan 20 ribu honorer di Papua yang akan diusulkan ke Kementerian Pendayagunaan Aparatur Sipil Negara, Reformasi dan Birokrasi (Kemenpan RB) untuk diangkat menjadi CASN.

“Indikator misalnya melihat masa kerja minimal berapa lama, usia minimal dan memastikan apakah selama ini honorer itu benar aktif dan terdaftar dalam data base di intansi tempatnya bekerja,” kata Natan Pahabol, Selasa (06/04/2021).

Menurutnya, indikator penentuan mengusulkan seorang honorer sebagai CASN penting, sebab kini ada 60 ribu tenaga honorer di Papua. 

Sementara itu, pemerintah pusat hanya memberikan kuota 20 honorer di Papua untuk diangkat menjadi CASN.

“Mesti ada kriterianya siapa yang didahulukan. Jangan menimbulkan masalah baru. Angkat dulu yang 20 ribu itu, dan 40 ribu lainnya pada tahap berikutnya,” ujarnya.

Ia juga mengingatkan Pemprov Papua adil dalam pembagian kuota penangkatan honorer, di setiap kabupaten/kota. 

Katanya, jangan ada daerah yang mendominasi. Sebab jika koutanya tidak merata, berpotensi menimbulkan masalah.

“Mestinya setelah menerima kuota 20 ribu ini, pemprov mengundang pemerintah kabupate/kota untuk melaporkan jumlah honorer di daerahnya,” ucapnya.

Natan Pahabol mengatakan, pemerintah kabupaten/kota yang tahu pasti jumlah honorer di daerahnya. 

Pemerintah daerah tentu memiliki data setiap honorer. Siapa yang benar benar telah lama mengabdi dan mesti diprioritaskan. 

“Pemkab dan pemkot yang mesti merekomendasikan siapa honorer yang akan diusulkan Pemprov Papua diangkat sebagai CASN. Jangan sampai pemprov hanya mengutamakan honorer tertentu,” katanya. (Arjuna)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *