Nasib Puluhan Ribu Honorer di Papua Belum Ada Kejelasan

Metro Merauke – Nasib puluhan ribu honorer di Papua belum ada kejelasan. 

Kementerian Pendayagunaan Aparatur Sipil Negara Reformasi dan Birokrasi atau Kemenpan RB menyatakan akan mengangkat 20 ribu honorer di Papua sebagai Calon Aparatur Sipil Negara (CASN). 

Akan tetapi, kini jumlah honorer di provinsi tertimur Indonesia itu mencapai 60 ribu orang. Masih ada sebanyak 40 ribu honorer yang nasibnya belum jelas.

Pekan lalu ribuan perwakilan honorer dari berbagai daerah mendatangi kantor Gubernur Papua. 

Perwakilan honorer Kabupaten Sarmi, Herits Sroyer mengatakan pihaknya menanyakan kepastian nasib. Namun tidak mendapat jawaban yang memuaskan.

“Kami tidak mendapat hasil yang menjanjikan, bagi kami honorer. Terkesan nasib kami mengambang,” kata Herits Sroyer beberapa hari lalu.

Menurutnya, dari 2.100 lebih honorer di Kabupaten Sarmi, 500 di antaranya mewakili rekan mereka berangkat ke Jayapura. Bertemu para pejabat di lingkungan Pemprov Papua pada pekan lalu.

“Kami ke Jayapura, dengan kekurangan kami, demi memastikan nasib kami kepada pemprov,” ujarnya. 

Kata Herits, pihaknya meminta Pemprov Papua transparan dalam penangkatan honorer nantinya. Pembagian kuota di setiap kabupaten/kota mesti merata dan adil. 

Selain bertemu pengambil kebijakan di Pemprov Papua, perwakilan honorer Kabupaten Sarmi juga menyampaikan aspirasinya kepada DPR Papua.

“Tujuan kami bertemu pimpinan dan anggota Fraksi Gerindra DPR Papua dengan harapan, segera mendorong aspirsi kami kepada pemerintah pusat, agar memperhatikan nasib honorer di Papua khususnya Sarmi,” ucapnya. (Arjuna)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *