Honorer Berharap Pengangkatan CASN di Papua Merata

Metro Merauke – Pengangkatan tenaga honorer di Papua menjadi calon aparatur sipil negara (CASN), pembagiannya diharapkan merata di semua kabupaten.

Perwakilan honorer Kabupaten Sarmi, Herits Sroyer mengatakan beberapa waktu lalu Kementerian Pendayagunaan Aparatur Sipil Negara Reformasi dan Birokrasi atau Kemenpan RB menyatakan akan mengangkat 20 ribu honorer di Papua sebagai CASN. 

“Kami harap Pemprov membaginya secara merata dan transparan. Pembagiannya mesti adil,” kata Herits Sroyer beberapa hari lalu.

Pemprov Papua diminta mengumumkan kepada publik melalui media, nama nama honorer yang nantinya dinyatakan lolos verifikasi, dan akan diusulkan ke Kemenpan RB sebagai CASN.

“Dengan begitu kami tahu, apakah nama nama kami sudah tercover. Kami minta transparansi data, disampaikan melalui media,” ujarnya.

Menurutnya, jumlah honorer di Papua secara keseluruhan sebanyak 60 ribu orang. Namun Kemenpan RB hanya akan mengangkat 20 ribu di antaranya sebagai CASN. 

Mereka yang diutamakan diakomodir berusia di atas 35 tahun, dengan masa kerja lebih dari lima tahun.

Sementara 40 ribu honorer lainnya, direncanakan diangkat sebagai Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja atau P3K.

Akan tetapi Herits Sroyer mengatakan pihaknya tidak ingin P3K. Yang mereka mau adalah diangkat sebagai CASN.

“Kami juga belum tahu berapa kuota Kabupaten Sarmi nantinya dalam pengangkatan 20 ribu honorer sebagai CASN. Pemprov Papua dan Kemenpa RB belum memberikan kuota yang jelas kepada kami,” ucapnya. (Arjuna)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *