Jumlah Kasus Aktif Covid-19 Terus Berkurang

Metro Merauke – Jumlah kasus aktif Covid-19 di Merauke, Papua pada Sabtu (3/4) menunjukkan adanya pengurangan. Satuan tugas (Satgas) Covid-19 setempat mencatat, saat ini jumlahnya berkurang menjadi 37 kasus aktif atau yang masih mejalani perawatan di RSUD Merauke maupun karantina mandiri, dari jumlah sehari sebelumnya ada 40 kasus.

Secara kumulatif warga Merauke yang terkonfirmasi terpapar virus corona mencapai 814 kasus. Dimana yang sembuh maupun selesai karantina mandiri sebanyak 728 kasus dan 49 meninggal dunia.

Sekretaris Dinas Kesehatan Merauke, dr Nevile Muskita menjelaskan, dihari yang sama masih terjadi penambahan jumlah pasien baru, sebanyak 3 orang.

“Hari ini, Sabtu (3/4) ada 5 orang yang sembuh dan 2 orang pasien baru yang terpapar Covid-19,” ujarnya kepada wartawan.

Dikatakan dr Nevile, dalam beberapa hari terakhir pun terjadi penambahan kasus kematian Covid-19 di Merauke.

“Dalam dua hari, 28 dan 29 Maret, ada dua pasien Covid-19 meninggal dunia. Yang pertama pasien laki-laki (61), rujukan dari RS Angkatan Laut 26 Maret, dengan kondisi kesadaran menurun, rapid antibodi reaktif dan riwayat stroke. Kemudian di swab dan periksa TCM hasilnya terkonfirmasi positif Covid-19, lalu dirawat di ICU, dan meninggal dunia pada 28 Maret, pukul 00.51 WIT,” terangnya.

Kasus kematian berikutnya disusul pasien berjenis kelamin laki-laki (56), merupakan pasien rujukan RS Angkatan Laut 27 Maret, kondisinya gagal jantung, Stemi, DM tipe 2 dan BAB berdarah. Dua hari kemudian kondisi pasien memburuk, sesak dan kesadaran menurun.

“Akhirnya pasien meninggal dunia 29 Maret, pukul 06.38 WIT, hasil swab TCM ternyata terkonfirmasi positif Covid -19,” tandas Nevile.

Pada kesempatan itu pihaknya kembali mengajak masyarakat untuk tidak mengabaikan penerapan protokol kesehatan dengan baik. Diantaranya memakai masker, rajin mencuci tangan dan menghindari kerumunan banyak orang. (Nuryani)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *