Dishub Tekankan Juru Parkir Beri Pelayanan Terbaik

Metro Merauke – Kepala Dinas Perhubungan Merauke, Papua Frans Anggawen menegaskan, petugas parkir resmi dalam bertugas memungut retribusi pajak, dituntut memberikan pelayanan dengan baik. “Salah satunya, juru parkir saat bekerja dilarang mabuk,” ujarnya kepada wartawan.

Diakuinya, Dishub terpaksa memberi teguran bagi juru parkir dimaksud. Bahkan, yang bandel akan langsung diberhentikan dan mengganti dengan juru parkir yang baru.

“Kita mendapat laporan dan aduan warga, ada tukang parkir kurang memberi pelayanan dengan baik, ada yang mabuk. Oknum tersebut kita panggil dan beri nasehat. Ada yang tetap bandel, akhirnya diberhentikan. Kita ganti yang baru,” katanya.

Frans Anggawen menyebut, bersama instansi terkait, Satpol PP dan kepolisian pun kerap menertibkan juru parkir liar yang ada di Kota Merauke. Hal tersebut dilakukan, guna mendorong pemberian pelayanan yang terbaik kepada masyarakat sekaligus memacu peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD) dibidang parkir.

Dirinya memastikan, uang yang dipungut oleh juru parkir, masuk ke kas daerah di Merauke. “Setiap hari mereka setor ke Dishub. Nanti dari dinas yang akan setor ke Badan Pendapatan Daerah,” jelasnya.

Ditambahkan, juru parkir resmi yang bertugas dibekali seragam dan karcis parkir. “Data mereka (juru parkir) juga kita tempel di titik atau lokasi tempatnya bertugas, seperti di pertokoan. Dengan begitu dengan mudah untuk dikenali,” bebernya.

Seiring meningkatnya jumlah pertokoan di Kota Merauke, Dinas Perhubungan setempat berencana akan menambah jumlah juru parkir. Saat ini, telah ada 44 juru parkir resmi yang menjadi pengawasan Dishub setempat yang bekerja di sejumlah lokasi.

Usulan penambahan tenaga parkir akan disampaikan kepada Bupati Merauke. “Memang bukan saat ini, karena penambahan tenaga parkir juga berkaitan anggaran. Kita akan usulkan untuk ditambah 6 orang lagi, sehingga genap menjadi 50 tenaga parkir,” tandas Frans Anggawen. (Nuryani)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *