Raker Bersama OPD, Komisi III DPR Papua Kecewa

Metro Merauke – Komisi III DPR Papua menyatakan kecewa saat rapat kerja (raker) bersama organisasi perangkat daerah atau OPD mitranya, Rabu (31/03/2021).

Sekretaris komisi bidang anggaran dan aset daerah DPR Papua, Tan Wie Long mengatakan, pihaknya kecewa sebab yang hadir dalam raker itu bukan pimpinan OPD terkait.

Padahal menurutnya, ada berbagai isu krusial yang ditanyakan komisinya, dalam rapat kerja dengan Inspektorat dan Badan Pengelolaan Pendapatan Daerah (Bappenda) Provinsi Papua.

“Para pimpinan [OPD] ini tidak hadir. Ketua komisi tadi sudah mengkritisi dan kami kecewa. Akan tetapi perwakilan OPD yang hadir sudah memberikan penjelasan,” kata Tan Wie Long usai raker.

Politikus Partai Golkar itu mengatakan, salah satu yang ditanyakan pihaknya kepada Inspektorat, berkaitan dengan temuan pengerjaan infrastruktur saat para anggota dewan reses ke daerah pemilihan mereka.

Misalnya temuan ketua Komisi III DPR Papua, Benyamin Arisoy di Kampung Bonoi, Distrik Sawai, Kabupaten Mamberamo Raya.

Di sana ada pembangunan perumahan yang pengerjaannya dimulai sekitar 2017 silam, namun belum rampung hingga kini.

Komisi III DPR Papua meminta inspektorat tegas terhadap pihak ketiga yang melaksanakan pekerjaan, maupun konsultan pengawas. 

“Kenapa pekerjaan itu tidak selesai sampai hari ini. Itu salah satu yang kami bahas dengan Inspektorat,” ujarnya.

Sementara itu, pembahasan dengan Bappenda Papua berkaitan dengan pemanfaatan dan pengelolaan aset Pemprov Papua.

Komisi III DPR Papua kembali mengingatkan Bappenda untuk membenahi tata kelola aset daerah, agar dapat menghasilkan pendapatan asli daerah (PAD).

“Mesti ada langkah atau strategi yang dilakukan instansi terkait untuk menambah PAD. Jangan hanya berharap dana transfer dari pemerintah pusat,” ucapnya. (Arjuna)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *