Diminta Pasang CCTV Disejumlah Titik, Begini Penjelasan Diskominfo Merauke

Metro Merauke – Harapan kepolisian agar Pemerintah Daerah (Pemda) Merauke memasang camera pengawas (CCTV) di sejumlah titik keramaian mendapat jawaban dari Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Merauke.

Kepala Bidang Pengelolaan Infrastruktur Teknologi Informasi dan Komunikasi, Thomas Kimko menjelaskan, karena keterbatasan angggaran, sehingga Dinas Komunikasi dan Informastika baru memasang CCTV di lokasi Lingkaran Brawijaya (Libra) untuk memantau kondisi di sekitarnya.

Hanya saja, lanjutnya, CCTV yang dipasang tahun 2017 di areal Libra tidak beroperasi dengan optimal. “Kamera CCTV yang terpasang di Libra menggunakan aliran listrik dari pos keamanan. Dan, kadangkala ada orang yang usil menurunkan limit di pos, secara otomatis CCTV ikut padam,” ujarnya kepada wartawan, Rabu (31/3).

“Selain lokasi jalan (Libra), CCTV juga ditempatkan di Dinas Kominfo,” imbuhnya.

Thomas Kimko menilai, pemasangan CCTV di sejumlah titik dalam kota menjadi penting. Guna meningkatkan sistem keamanan di daerah, akan diprioritaskan penganggaran pemasangan CCTV.

Terlebih lagi, katanya, berkaitan untuk mendukung kelancaran dan keamanan pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) ke XX di Papua. Pihaknya akan bersinergi bersama tim penyelenggara PON untuk pemasangan CCTV di sejumlah titik yang ditentukan.

”Apa yang menjadi usulan kepolisian dan kaitannya PON XX di Merauke, maka akan kita sinergi dengan tim IT dari penyelenggara PON XX untuk sama-sama menyikapi. Kalau sudah dihandel dari penyelenggara PON akan kita support. Tapi untuk kepentingan keamanan daerah, akan kita prioritaskan untuk dianggarkan,” terangnya.

Sebelumnya, Kapolres Merauke AKBP Untung Sangaji meminta Pemerintah Daerah (Pemda) Merauke memasang closed circuit television (CCTV) di sejumlah titik keramaian dalam kota.

Semisal di depan kantor bupati, Lingkaran Brawijaya (Libra), pertigaan Jalan Transito, area pelabuhan, RSUD, pertigaan Toko Adil, pertigaan Jalan Husen Palela-Yobar, area Bandara Mopah, Jalan Cigombong, jembatan Tujuh Wali-wali, Tugu LB Moerdani hingga pertigaan Sota.

Menurut Untung Sangaji, pemasangan CCTV di titik-titik yang dianggap rawan tindak kriminalitas dinilai penting. Melalui penyediaan fasilitas CCTV, kata Kapolres, dapat membantu pihak kepolisian dalam peningkatan keamanan di daerah, maupun memudahkan polisi untuk bergerak cepat mengungkap para pelaku kejahatan yang sewaktu-waktu terjadi.

“Kita usulkan pemasangan CCTV ke Pemda. Sejauh ini ada yang sudah Polisi pasang CCTV. Maaf, sebenarnya itu bukan domain kita, hanya karena kita merasa penting, sehingga kita pasang. Kita berharap Pemda cepat pasang, kalau tidak, kita yang pasang. Ini PON XX sudah dekat, dan harus aman,” tandasnya. (Nuryani)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *