BAKTI Beri Bantuan 75 Titik Akses Internet, Thomas Kimko: 2021, Semua Kampung Bisa Berdering

Metro Merauke – Pemerintah fokus melakukan pemerataan akses telekomunikasi. Badan Aksebilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI) Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) berupaya maksimal secara terus menerus memanfaatkan teknologi untuk membangun infrastruktur akses jaringan ponsel dan internet cepat.

Daerah perbatasan dan 3 T, terdepan, terluar dan tertinggal, tentunya menjadi perhatian bagi pemerintah pusat dalam pembangunan jaringan komunikasi untuk memperluas akses komunikasi masyarakat.

Terbukti, dalam pelaksanaan pemerataan akses telekomunikasi, di tahun 2021 ini, Kabupaten Merauke, Papua kembali mendapatkan bantuan akses ponsel dan internet sebanyak 75 site atau titik dari BAKTI-Kemkominfo.

Kepala Bidang Pengelolaan Infrastruktur Teknologi Informasi dan Komunikasi pada Diskominfo Merauke, Thomas Kimko menjelaskan, bantuan jaringan internet merupakan salah satu bentuk perhatian pemerintah dalam memenuhi akses telekomunikasi untuk masyarakat.

Terlebih lagi di daerah atau kampung yang selama ini memiliki akses internet buruk, bahkan belum terjangkau internet sama sekali sehingga menjadi daerah bankspot.

“Tahun 2021, untuk wilayah Papua, Kabupaten Merauke paling banyak menerima bantuan jaringan dari BAKTI. Jumlahnya ada 75 titik yang akan dipasang di beberapa kampung yang selama ini blackspot atau belum ada jaringan sama sekali,” ujarnya kepada wartawan.

Diuraikan Thomas Kimko, sejumlah distrik dimaksud masing-masing di Distrik Muting sebanyak 8 titik, Okaba 6 titik, Kimaam 9 titik, Jagebob 1 titik, Sota 1 titik, Ulilin 4 titik, Elikobel 5 titik, Kurik 1 titik, Naukenjerai 3 titik, Kaptel 3 titik, Tubang 6 titik, Ngguti 3 titik, Tabonji 9 titik, Waan 8 titik, Ilwayab 4 titik, Malind 1 titik, dan Animha 3 titik.

“Dengan terpasangnya jaringan di 75 titik ini, tahun 2021 kita pastikan semua kampung di Merauke dapat berdering. Masyarakat tidak susah lagi untuk berkomunikasi dan mengakses internet. Nantinya akan dipasang jaringan 4G dan hospot,” ucapnya.

Untuk pemasangannya, lanjut Thomas Kimko, bulan April mulai dilakukan survey lokasi dan pengecekan kembali sesuai dengan relokasi baru.
Diungkapkannya, dalam beberapa tahun terakhir Merauke juga sudah mendapatkan bantuan dari BAKTI Menkominfo. “Tahun 2020 lalu mendapat bantuan pemasangan jaringan untuk 3 titik, 2019 juga mendapat 9 titik, tahun 2018 untuk 4 titik, dan tahun 2017 mendapat bantuan 5 titik,” terangnya.

Dikatakan Thomas Kimko, dengan hadirnya sinyal ponsel dan internet, untuk mengakhiri kesenjangan akses telekomunikasi di sejumlah kampung di Merauke yang selama ini belum terjangkau jaringan, sehingga menjadi daerah blankspot.

Diyakini, akses telekomunikasi akan mampu mendongkrak kemajuan di daerah. Salah satunya peningkatan ekonomi masyarakat, maupun urusan layanan masyarakat dari instansi pemeritnah di tingkat kampung akan terbantu dengan adanya koneksi sinyal ponsel dan internet yang memadai. (Nuryani)

Komentar “BAKTI Beri Bantuan 75 Titik Akses Internet, Thomas Kimko: 2021, Semua Kampung Bisa Berdering

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *