Komisi IV DPR RI Selenggarakan Bimtek, Tingkatkan Kapasitas Petani dan Penyuluh di Merauke

Metro Merauke – Komisi IV DPR RI bekerjasama Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian mengadakan bimbingan teknis (Bimtek) bagi petani dan penyuluh yang ada di Merauke, Papua.

Dikatakan Anggota Komisi IV DPR RI, H. Sulaeman L Hamzah, bimbingan teknis yang berlangsung selama tiga hari tersebut, sebagai upaya mewujudkan peningkatan kapasitas petani dan penyuluh dibidang pertanian.

“Kegiatan ini (Bimtek) sudah lama dirindukan, untuk bisa membina petani para penerima alat. Kenyataan di lapangan, kelompok penerima alat tidak semunyaa menguasai teknis menggunaan alat itu. Saya rasa tidak terlambat, untuk memandu petani penerima alat agar bisa gunakan alat sesuai kapasitasnya,” ujar Sulaeman L. Hamzah kepada wartawan, Selasa (30/3).

Sementara itu, lanjutnya untuk jumlah penyuluh di Merauke diketahui masih kurang dan perlu dimaksimalkan. “Kita harapkan ada penambahan penyuluh, seiring meningkatnya luas tanam dengan berbagai tantangan,” timpalnya.
Ia menilai, tugas penyuluh tidaklah mudah dan berat. Utamanya dalam memandu teknis dan mengawasi berbagai persoalan yang dialami petani. Sehingga dirinya berharap, melalui bimtek, dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilan petani maupun penyuluh dalam pencapaian program pembangunan pertanian.

Dalam kegiatan Bimtek dihadiri langsung Direktur Politeknik Pembangunan Pertanian Manokwari, Purwanta yang akan memberikan materi dan bimbingan bagi petani serta penyuluh di Merauke.

Kepala Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan Merauke, Ratna Lauce mengaku mendukung adanya Bimtek yang dilaksanakan Komisi IV DPR RI di Merauke. Bimtek dinilai penting, dalam rangka meningkatkan kualitas sumebr daya manusia pertanian.

“Kita sangat mendukung adanya pelatihan ini. Karena dapat menambah wawasan keterampilan petani. Untuk membangun pertanian di Merauke diperlukan sinergitas bersama,” tukasnya. (Nuryani)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *