Cegah Stunting, 100 Paket Olahan Ikan Dibagikan di Merauke dan Boven Digoel

Metro Merauke – Sedikitnya sebanyak 100 paket berisikan makanan olahan berbahan dasar ikan, dibagikan untuk warga yang didominasi ibu hamil yang ada di Merauke dan Boven Digoel, Sabtu (27/3).

100 paket bantuan dari Anggota Komisi IV DPR RI, H. Sulaeman L Hamzah bekerjasama Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) tersebut, merupakan bagian dari kampanye Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan), sebagai upaya mencerdaskan masyarakat sekaligus untuk mencegah bayi pendek (stunting).

Dikatakan Anggota Komisi IV DPR RI, H. Sulaeman L Hamzah, gagasan program Gemarikan muncul di tengah pandemi Covid-19 yang menuntut adanya peningkatan imunitas tubuh dalam menghadapi wabah tersebut.

Salah satunya, kata Sulaeman, meningkatkan kegemaran warga, utamanya bagi ibu hamil maupun anak-anak untuk gemar mengkonsumsi ikan sebagai makanan sajian keluarga. Dengan begitu, derajat kesehatan masyarakat diharapkan dapat ditingkatkan.

“Tahun lalu bersama KKP menggagas untuk melakukan sesuatu yang lebih rutin dan menarik bagi masyarakat agar imun terjaga. Dan kita mendapat paket tersebut untuk di Papua, termasuk di selatan adalah untuk Merauke dan Boven Digoel,” jelasnya.
Selain sebagai upaya mencegah stunting, Sulaeman menilai, program Gemarikan pun memiliki manfaat yang multi fungsi, mampu meningkatkan kemajuan UMKM dalam pengembangan usahanya yang bergerak dalam pengolahan aneka pangan berbahan dasar ikan.

Mengetahui besarnya manfaat dan keunggulannya (Gemarikan), H. Sulaeman L Hamzah berharap, Dinas Perikanan Merauke merespon program Gemarikan dengan baik. “Mestinya Dinas Perikanan juga ada, sehingga bisa nyambung. Gemarikan bukan sekedar slogan atau basa-basi, tapi kita harapkan program ini terus berkembang. Jangan berharap dari pusat yang setiap tahun datang bawa paket. Gemarikan ini sebagai gerakan mencegah stunting dan sangat penting,” katanya.

Sementara itu Sekretaris Direktorat Jendral Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan, Berni Ahmad Subecky menyampaikan, Program Gemarikan sendiri sebagai perluasan gagasan dari aspirasi Anggota Komisi IV DPR RI, H Sulaeman L Hamzah. Dimana manfaat besar akan dirasakan masyarakat. Dengan Gemarikan tidak hanya mencegah stunting, melainkan juga dapat menumbuhkan UMKM setempat.

Diuraikan Kepala Seksi Pemasaran dan Distribusi Produksi Kelautan dan Perikanan DKP Provinsi Papua, Yusuf Wal, hingga kini prevalensi stunting di wilayah Papua masih tergolong tinggi dari standar secara nasional.

Menurutnya, salah satu langkah yang tepat serta mudah dalam pencegahan stunting, adalah dengan gerakan makan ikan. “Melihat prevalensi stunting di Papua masih tinggi, maka program gerakan memasyarakatkan makan ikan sangat penting terus digalakan. Terlebih dalam masa hamil sampai di 1.000 hari kehidupan pertama anak, penting sekali makan ikan,” pintanya. (Nuryani)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *