Perdana, Merauke Ekspor Kepiting Bakau Ke Hongkong

Metro Merauke – Kantor Bea Cukai bersama Stasiun Karantina Ikan, Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan (SKIPM) Merauke, Papua melepas ekspor komoditi kepiting bakau ke negara tujuan Hongkong, Sabtu (27/3).

Tercatat, sebanyak 9 koli berisikan 450 ekor kepiting bakau yang diekspor ke luar negeri tersebut berasal dari Kampung Wamal, Distrik Tubang. “Semuanya keadaan baik. Sudah dilakukan uji laboratorium dan bebas hama penyakit,” terang Pelaksana Koordinator Pengawasan, Pengendalian dan Informasi pada SKIPM Kelas II Merauke, Firhansyah kepada wartawan di Bandara Mopah.

Menurutnya, sebelumnya, ekspor kepiting bakau dari Merauke telah dilakukan untuk tujuan Singapura. “Memang kalau ke Hongkong ini baru pertama kali. Mulai pengiriman pada 2019 ke Singapura,” katanya.

Dirinya menilai, selain permintaan yang tinggi, dari segi harga, untuk ekspor kepiting jauh lebih bagus dibandingkan skala domestik.

Setelah Bea Cukai setempat menyatakan seluruh kelengkapan dokumen dan ijin yang ditentukan ada, 270 kg kepiting bakau Merauke akhirnya dapat di ekspor ke Hongkong.

“Bea Cukai melakukan pengawasan. Pengiriman 9 koli atau 270 kg kepiting bakau oleh Samarudin ke Hongkong sudah mendapatkan ijin dari SKIPM. Setelah dokumen sudah lengkap, Bea Cukai sebagai petugas pintu di sini menjamin izin-izin terpenuhi untuk melakukan ekspor,” terang Seksi Pelayanan Kepabeanan dan Cukai pada Kantor Bea Cukai Merauke, Fashan Ardian. (Nuryani)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *