RS Bhayangkara Jayapura Kini Miliki Laboratorium PCR

Metro Merauke – Rumah Sakit (RS) Bhayangkara Jayapura kini telah miliki laboratorium PCR atau polymerase chain reaction.

Laboratorium di rumah sakit milik Kepolisian Daerah (Polda) Papua telah dilengkapi peralatan PCR dari Mabes Polri, dan diresmikan pada Kamis (25/03/2021).

Kapolda Papua, Irjen Pol Mathius Fakhiri saat melakukan peresmian mengatakan, kehadiran laboratorium PCR ini merupakan bentuk pengabdian dan kontribusi Polda Papua terhadap masyarakat. 

Ini juga sebagai upaya membantu pemerintah dalam penanganan Covid-19 di Papua, dan menjadi salah satu program prioritas Kapolri dalam 100 hari kerja. 

Keberadaan laboratorium PCR itu tidak hanya untuk internal Polri, juga dapat digunakan memeriksa sampel masyarakat umum.

“Semakin banyak laboratorium PCR di Papua, kita semakin cepat melakukan penelusuran [Covid-19], untuk memutus penyebaran Covid-19,” kata Irjen Pol Mathius Fakhiri.

Kapolda Papua mengingatkan agar ketersediaan bahan habis pakai di laboratorium itu selalu dipastikan. Begitu juga tenaga kesehatan yang ditugaskan di laboratorium kemampuannya mesti terus ditingkatkan.

“Juga memelihara peralatan laboratorium agar bisa terus digunakan, untuk testing dan tracing Covid-19 di Papua,” ujarnya.

Setiap hari laboratorium PCR RS Bhayangkara dapat memeriksa hingga 94 sampel, dengan durasi 3,5 jam. 

Waktu pemeriksaan ini lebih efisien dibanding menggunakan ekstansi manual yang butuh waktu hingga delapan jam untuk memeriksa 94 sampel. (Arjuna)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *