Pemerintah Dianggap Tak Lagi Miliki Ide Redam Isu Papua

Metro Merauke – Pemerintah dianggap tak lagi miliki ide meredam isu Papua merdeka dan perlawanan berbagai kelompok bersenjata di sana, yang menyatakan diri sebagai Organisasi Papua merdeka (OPM).

Anggota komisi bidang pemerintahan, politik, hukum, HAM dan keamanan DPR Papua, Laurenzus Kadepa mengatakan mengategorikan OPM sebagai kelompok terorisme, bukan solusi menyelesaikan masalah Papua. 

Wacana Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme, Komisaris Jenderal Polisi Boy Rafli Amar tersebut, diangggap justru akan dipertanyakan berbagai pihak.

“Saya pikir mungkin pemerintah sudah kehilangan cara. Kehilangan akal menyelesaikan masalah Papua dan ini didorong [berencana melabeli OPM sebagai kelompok terorisme],” kata Laurenzus Kadepa, Kamis (25/03/2021).

Menurut politikus Partai Nasional Demokrat itu, sebaiknya pemerintah fokus menyelesaikan isu pelanggaran HAM di Papua, yang telah mendunia dan memproses hukum para terduga aktor dan pelaku. 

“Itu mestinya fokus pemerintah, karena selama ini isu HAM mendapat sorotan dari berbagai pihak, termasuk dunia internasional,” ujarnya.

Katanya, jika pemerintah fokus pada penyelesaian dugaan pelanggaran HAM di Papua, itu akan membuat citra positif terhadap negara di mata dunia. 

“Kalau menjadikan OPM sebagai teroris dunia akan bertanya ada apa di balik itu,” ucapnya. (Arjuna)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *